Faktor internal dan faktor eksternal pada konten media islampos.com

Baehaki, Eki (2017) Faktor internal dan faktor eksternal pada konten media islampos.com. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Akhir tahun 2016, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) kembali melakukan pemblokiran terhadap media online yang terindikasi bermuatan konten negatif. Islampos.com menjadi satu di antara 11 situs Islam yang menjadi 'korban' dari aksi pemblokiran tersebut. Pasca pemblokiran, peneliti mendapati adanya pembaharuan total pada konten media Islampos. Sejak kembali online pasca pemblokiran, Islampos.com hanya berisi berita atau artikel-artikel baru secara kalender. Selain itu, peneliti juga mengamati adanya perubahan karakter dari gaya pemberitaan Islampos yang sebelum terjadi pemblokiran terkesan kritis, namun pasca pemblokiran terkesan flat, datar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor internal yang memengaruhi konten pada media Islampos.com dan mengetahui bagaimana faktor eksternal yang memengaruhi konten pada media Islampos.com. Berkaitan dengan itu, Pamela Shoemaker dan Stephen D. Reese dalam teorinya Hierarki Pengaruh Isi Media mengemukakan bahwa, konten pada suatu media dipengaruhi oleh lima tingkatan faktor yakni individu wartawan, rutinitas media, organisasi media, ekstra media dan ideologi media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Menurut Straus dan Corbin, metode ini digunakan untuk mengungkap dan memahami sesuatu di balik sebuah fenomena yang belum diketahui, baru sedikit diketahui atau yang sulit diungkap sekalipun. Setelah melakukan penelitian dengan serangkaian wawancara dan observasi, peneliti akhirnya mengungkap adanya faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi konten pada media Islampos.com. Dari internal media Islampos sendiri, konten dipengaruhi oleh individu redaktur yang meliputi status dan lingkungan sosial, pendidikan dan pengetahuan serta psikologi redaktur. Faktor internal lainnya selain faktor individu redaktur adalah rapat redaksi serta ideologi media Islampos.com yang berlandaskan pada Al-Qur’an dan Assunnah. Sedangkan dari eksternal atau luar media Islampos.com, konten dipengaruhi oleh sumber, khalayak (konsumen), kebijakan pengiklan dan media sosial serta kontrol dari pemeritah. Dan di antara faktor-faktor tersebut yang paling kuat memengaruhi pemilihan konten pada media Islampos.com adalah faktor ideologi. Hal itu karena faktor ini sekaligus juga menjadi identitas bagi media Islampos.com.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: faktor internal; faktor eksternal; konten; website; islampos
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 07 Aug 2020 02:58
Last Modified: 07 Aug 2020 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32455

Actions (login required)

View Item View Item