Rosmiati, Mia (2019) Pengaruh model pembelajaran Metacognitive Learning Cycle 5e terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang timbul yaitu kurang meningkatnya penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran biologi pada materi sistem pertahanan tubuh. Hal ini berakibat kurang meningkatnya penguasaan konsep siswa dalam proses belajar. Sehingga sulit memahami materi. Maka dari itu, model metacognitive learnng cycle 5e diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan kelas XI MIPA 1 Sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan model metacognitive learning cycle 5e berkategori baik. Penguasaan konsnep siswa kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,60 (tinggi ) dan kelas kontrol sebesar 0,42 (sedang). Hasil uji t menunjukan thitung (8,07) > ttabel (1,67), H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil effect size didapatkan 1,93 dengan kategori sangat besar. Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran menggunakan model metacognitive learning cycle 5e berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metacognitive learning cycle 5e; penguasaan konsep; effect size |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mia Rosmiati |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 07:20 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32660 |
Actions (login required)
View Item |