Pengaruh model pembelajaran Metacognitive Learning Cycle 5e terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh

Rosmiati, Mia (2019) Pengaruh model pembelajaran Metacognitive Learning Cycle 5e terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang timbul yaitu kurang meningkatnya penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran biologi pada materi sistem pertahanan tubuh. Hal ini berakibat kurang meningkatnya penguasaan konsep siswa dalam proses belajar. Sehingga sulit memahami materi. Maka dari itu, model metacognitive learnng cycle 5e diterapkan dengan harapan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan kelas XI MIPA 1 Sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas ekperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan model metacognitive learning cycle 5e berkategori baik. Penguasaan konsnep siswa kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,60 (tinggi ) dan kelas kontrol sebesar 0,42 (sedang). Hasil uji t menunjukan thitung (8,07) > ttabel (1,67), H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil effect size didapatkan 1,93 dengan kategori sangat besar. Kesimpulan dari penelitian ini pembelajaran menggunakan model metacognitive learning cycle 5e berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metacognitive learning cycle 5e; penguasaan konsep; effect size
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mia Rosmiati
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:20
Last Modified: 19 Aug 2020 07:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32660

Actions (login required)

View Item View Item