Rahman, Agitsna Nur (2019) Pengaruh metode Scaffolding terhadap pemecahan masalah bidang matematika pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa terutama pada pelajaran matematika. Namun, belum banyak siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Agar kemampuan ini baik maka diperlukan metode pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami setiap masalah yang dihadapinya, salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran scaffolding disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode scaffolding terhadap pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasokandel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment nonequivalent control grup design. Subjek penelitian ini adalah 176 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasokandel yang dibagi menjadi dua kelompok, pertama kelompk eksperimen 88 orang dan kelompok kontrol 88 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tertulis untuk mengukur tingkat pemecahan masalah pada siswa. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Mann-Whitney diketahui bawah nilai p yaitu 0.000 > 0.05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian metode scaffolding terhadap pemecahan masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasokandel.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Scaffolding; Pemecahan Masalah; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Agitsna Nur Rahman |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:31 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32713 |
Actions (login required)
View Item |