Shalihah, Bella Mahabbah (2020) Motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira'ati hubungannya dengan kemampuan mereka membaca Al-Qur'an: Penelitian pada siswa kelas VII MTs Al-Huda Arjasari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Hasil studi pendahuluan didapatkan informasi motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira’ati adalah tinggi. Hal ini didasarkan bahwa mereka merasa perlu untuk mempelajari metode qira’ati. Berdasarkan kenyataan seperti itu, mestinya bisa menumbuhkan motivasi siswa, tapi masih ditemukan siswa kelas VII MTs Al-Huda Arjasari memiliki motivasi rendah. Motivasi siswa rendah dapat diketahui ketika pembelajaran metode qira’ati sedikit siswa yang mengikutinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira’ati, 2) kemampuan mereka membaca al-Qur’an, dan 3) motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira’ati hubungannya dengan kemampuan mereka membaca al-Qur’an siswa kelas VII MTs Al-Huda Arjasari. Berdasarkan asumsi yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara motivasi siswa dengan kemampuan membaca. Dalam penelitian ini dirumuskan hipotesis semakin tinggi motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira’ati maka kemampuan mereka membaca al-Qur’an akan semakin tinggi. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Huda Arjasari dengan populasi 318 diambil sampel 32 orang, 3) Tempat dan waktu Penelitian di MTs Al-Huda Arjasari dari tanggal 14 April s/d 28 07 November 2019, 4) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan analisis parsial dan korelasional. Hasil analisis menunjukkan 1) motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira’ati kualifikasi tinggi, terbukti dengan rata-rata 3,75. Angka tersebut berada pada interval 3,40-4,19. 2) kemampuan mereka membaca al-Qur’an kualifikasi cukup, terbukti dengan rata-rata 67,31. Angka tersebut berada pada interval 60-69. 3) motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan metode qira’ati hubungannya dengan kemampuan mereka membaca al-Qur’an menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,53. Angka tersebut tergolong kategori sedang/cukup, karena 0,53 berada pada skala 0,40-0,70 = Korelasi sedang/cukup. Hasil perhitungan hipotesis dengan db=30 taraf signifikan 5% diperoleh hasil t_hitung<t_(tabel )atau 34,25 < 0,361. Hal ini membuktikan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan kemampuan mereka membaca al-Qur’an. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 28,9%. Hal ini menunjukkan bahwa masih sangat banyak faktor lain yang mempengaruhi kemampuan mereka membaca al-Qu’an sebesar 71,91%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi siswa; pembelajaran; metode qira'ati; kemampuan membaca Al-Qur'an; |
Subjects: | Education, Research Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | bella mahabbah |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 07:18 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 07:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32783 |
Actions (login required)
View Item |