Pengemasan tayangan berita Human Interest Trans 7: Studi deskriptif tentang program Doeloe Sekarang Trans 7

Barus, Nurhalimah Ramdani (2017) Pengemasan tayangan berita Human Interest Trans 7: Studi deskriptif tentang program Doeloe Sekarang Trans 7. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Media Massa merupakan sebuah media komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai makhluk sosial terutama di zaman modern ini. Melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan-pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat. Salah satunya media televisi, media yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian dengan judul Pengemasan Tayangan Berita Program Doeloe Sekarang Trans 7 ini peneliti akan membahas visi dan misi program Doeloe Sekarang. Selain itu membahas bagaimana setting mulai dari dimensi visibilitas, audience salince, valence dan juga planning, organizing, actuating dan controlling program ini berjalan hingga menjadi suatu program yang siap disajikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertitik tolak Bagaimana produser “Doeloe Sekarang” Trans 7 dalam menerapkan fungsi agenda setting pada pengemasan berita human interest,Bagaimana kru tayangan “Doeloe Sekarang” Trans 7 dalam menentukan tema, visual, dan pengemasan konten tayangan berita human interest dan juga apa kendala yang dihadapi kru tayangan “Doeloe Sekarang” Trans 7 dalam membuat berita “human interest” dan bagaimana menyiasatinya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah menggambarkan dan menjelaskan bagaimana setting yang dimiliki produser dalam menentukan berbagai dimensi dalam penayangan program Doeloe Sekarang Trans 7 dalam berbagai tahap produksinya. Penelitian ini menempuh langkah-langkah penelitian yang diantaranya: menentukan lokasi objek penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan narasumber, menentukan tehnik pengumpulang data. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan juga wawancara yang kemudian diolah dan dianalisis. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa program Doeloe Sekarang menerapkan dimensi teori Agenda Setting dalam penerapan berbagai tahap pengemasan konten programnya. Mulai dari penentuan tema yang diangkat tiap episodenya. Dan penerapan fungsi agenda setting pada tahap-tahap produksi. Selain itu ditemukannya kendala yang dihadapi oleh kru program Doeloe Sekarang mulai dari tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa setting produser pada program Doeloe Sekarang pada dimensi visibilitas yaitu dalam program Doeloe Sekarang terdapat setting dalam penempatan paket item liputan atau episode yang disesuaikan dengan kebutuhan penontonnya dan Tema yang diangkat pun mengikuti isu yang sedang ramai di masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengemasan program; human interest; teori agenda setting
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:45
Last Modified: 26 Aug 2020 07:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item