Giriyanti, Putri (2017) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA: Penelitian terhadap siswa kelas X SMAN Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh temuan bahwa pembelajaran biologi masih didominasi dengan metode ceramah. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tersebut berdampak terhadap kemampuan literasi sains siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 3 SMAN Jatinangor. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan nilai rata-rata pretest 52,97, posttest 79,03 dan N-Gain 56 %. Sementara pada kelas yang menggunakan metode ceramah dan diskusi menghasilkan nilai rata-rata pretest 62,91, posttest 75,39 dan N-Gain 27 %. Berdasarkan hasil analisis utama N-Gain, Z hitung (5,63) ≥ Z tabel (1,65) dengan α sebesar 0,05 (5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis masalah, literasi sains, ekosistem |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 08:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 08:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32799 |
Actions (login required)
View Item |