Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA: Penelitian terhadap siswa kelas X SMAN Jatinangor Kabupaten Sumedang

Giriyanti, Putri (2017) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA: Penelitian terhadap siswa kelas X SMAN Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh temuan bahwa pembelajaran biologi masih didominasi dengan metode ceramah. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tersebut berdampak terhadap kemampuan literasi sains siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 3 SMAN Jatinangor. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menghasilkan nilai rata-rata pretest 52,97, posttest 79,03 dan N-Gain 56 %. Sementara pada kelas yang menggunakan metode ceramah dan diskusi menghasilkan nilai rata-rata pretest 62,91, posttest 75,39 dan N-Gain 27 %. Berdasarkan hasil analisis utama N-Gain, Z hitung (5,63) ≥ Z tabel (1,65) dengan α sebesar 0,05 (5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis masalah, literasi sains, ekosistem
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 26 Aug 2020 08:07
Last Modified: 26 Aug 2020 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32799

Actions (login required)

View Item View Item