Keberagamaan Masyarakat Pesisir : Studi Tentang Perilaku Keagamaan Masyarakat Pesisir Patimban Kecamatan Pusakanegara Kabupaten Subang Jawa Barat

Wibisono, M.Yusuf (2013) Keberagamaan Masyarakat Pesisir : Studi Tentang Perilaku Keagamaan Masyarakat Pesisir Patimban Kecamatan Pusakanegara Kabupaten Subang Jawa Barat. UIN SGD Bandung.

[img] Text
index.html

Download (216kB)
Official URL: https://uinsgd.ac.id/keberagamaan-masyarakat-pesis...

Abstract

Pada hakikatnya, Islam bukan hanya mewujud pada tataran doktrin universal, akan tetapi ia juga merefleksi pada wujud tindakan (peradaban) yang bernuansa lokal. Islam bernuansa lokal itu dikarenakan adanya proses penetrasi kedalam tradisi lokal dengan segala ciri khasnya. Dengan begitu, keberadaan Islam sangat beragam sesuai dengan realitas ruang lingkupnya. Keragaman itu semakin nyata ketika tampak kekhasannya, seperti Islam di pasisir Patimban yang berbeda dengan Islam di tempat lainnya. Bagaimana wujud agama Islam pesisir Patimban dengan berbagai keunikannya, dan bagaimana bentuk keberagamaan masyarakat pesisir Patimban dihubungkan dengan berbagai aspek sosial, inilah masalah yang dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: Communities > Suburban Communities
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: M. Yusuf Wibisono
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:44
Last Modified: 27 Aug 2020 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32805

Actions (login required)

View Item View Item