Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan software Geogebra: Penelitian kuasi eksperimen di SMA Muhammadiyah 4 Bandung

Rodiah, Siti (2020) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan software Geogebra: Penelitian kuasi eksperimen di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan software geogebra. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra dengan memperoleh rata-rata 75,31 dan model konvensional memperoleh rata-rata 53,34. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra dengan memperoleh rata-rata 0,74 dan model konvensional memperoleh rata-rata 0,20. (c) Peserta didik menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra. Pembelajaran model ELPSA mengutamakan kebermaknaan belajar meliputi proses pengalaman, bahasa, gambar, simbol dan aplikasi sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ELPSA; Geogebra; Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Knowledge > Research; Statistical Methods
Knowledge > Descriptive and Experimental Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Rodiah
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:13
Last Modified: 02 Sep 2020 06:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32846

Actions (login required)

View Item View Item