Rodiah, Siti (2020) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pendekatan Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan software Geogebra: Penelitian kuasi eksperimen di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Experience, Language, Pictorial, Symbol, and Application (ELPSA) berbantuan software geogebra. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra dengan memperoleh rata-rata 75,31 dan model konvensional memperoleh rata-rata 53,34. (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra dengan memperoleh rata-rata 0,74 dan model konvensional memperoleh rata-rata 0,20. (c) Peserta didik menunjukan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ELPSA berbantuan software geogebra. Pembelajaran model ELPSA mengutamakan kebermaknaan belajar meliputi proses pengalaman, bahasa, gambar, simbol dan aplikasi sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ELPSA; Geogebra; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Knowledge > Research; Statistical Methods Knowledge > Descriptive and Experimental Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Rodiah |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 06:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 06:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32846 |
Actions (login required)
View Item |