Sosialisasi kegiatan humas Polda Jawa Barat melalui program Corong Kita: Studi deskriptif kualitatif pada salah satu kegiatan humas Polda Jabar

Alfatsyah, Dania (2020) Sosialisasi kegiatan humas Polda Jawa Barat melalui program Corong Kita: Studi deskriptif kualitatif pada salah satu kegiatan humas Polda Jabar. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy

Abstract

Dania Alfatsyah : Sosialisasi Kegiatan Humas Polda Jawa Barat melalui Program “Corong Kita” (Studi Deskriptif Kualitatif pada Salah Satu Kegiatan Humas Polda Jabar) Sosialisasi merupakan proses penyampaian informasi kepada seluruh masyarakat yang memiliki fungsi dan manfaat dari kegiatan sosialisasi tersebut. Kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh praktisi Humas Polda Jabar ini merupakan kegiatan yang memfasilitasi untuk penyampaian informasi tugas pokok dari berbagai divisi Kepolisian Daerah Jawa Barat, yang nantinya disampaikan kepada masyarakat seluruh Indonesia. Sosialisasi akan membangun ke-efektifan kinerja yang bertujuan untuk mendapatkan respon atau penilaian baik dari masyarakat, membangun suatu perilaku yang bermasyarakat sehingga terlihat jelas bahwa melalui sosialisasi ini akan memberikan banyak dampak baik bagi masyarakat dan perusahaan atau instansi pemerintahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. sumber data yang digunakan berdasarkan hasil wawancara informan dan dokumentasi berupa foto. Teori yang digunakan adalah teori belajar konstruktivistik yang berhubungan dengan tahapan operasional humas yang merupakan tugas pokok praktisi humas. Hasil dan pembahasan penelitian ini menerangkan bahwa pertama dalam kegiatan sosialisasi memerlukan pembuatan informasi yang sesuai dengan berdasarkan fakta dilapangan melalui kasus yang marak terjadi dan pengembangan kasus dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Kedua, pengemasan informasi disusun berdasarkan situasi dan kondisi masyarakat juga menggunakan laporan dari divisi satuan kerja kepolisian Polda Jabar. Pengemasan informasi ini berhubungan dengan kepentingan umum dan berdasarkan data yang aktual kemudian disampaikan dengan narasumber dari tiap-tiap divisi kepolisian secara bergiliran, pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Studio RRI Bandung menggunakan media radio dalam penyampaiannya. Ketiga, keberhasilan kegiatan sosialisasi mengacu kepada nilai dari evaluasi kemudian respon masyarakat serta laporan polres dan diakhiri dengan ditujukannya laporan kepada Kapolda Jabar. Keberhasilan kegiatan sosialisasi juga mempengaruhi respon positif masyarakat dalam memahami aturan hukum sehingga tidak melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi; Humas Pemerintah; Hubungan Masyarakat
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dania Alfatsyah
Date Deposited: 01 Sep 2020 08:41
Last Modified: 01 Sep 2020 08:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32986

Actions (login required)

View Item View Item