Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru: Penelitian di SD Al-Quran Kecamatan Mandalajati Kota Bandung

Zainuddin, Zainuddin (2020) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru: Penelitian di SD Al-Quran Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa guru SD Al-Quran yang tidak begitu terlibat dalam kegiatan sekolah di luar kelas, sering datang terlambat ke sekolah, dan terlambat masuk ke kelas. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru di SD Al-Quran Bandung yang meliputi: 1) Nilai kepemimpinan transformasional kepala sekolah. 2) Nilai komunikasi organisasi. 3) Nilai komitmen organisasi guru. 4) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru. 5) Pengaruh komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru. 6) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Al-Quran memperoleh nilai sebesar 79%. 2) Komunikasi organisasi di SD Al-Quran memperoleh nilai sebesar 79%. 3) Komitmen organisasi guru di SD Al-Quran memperoleh nilai sebesar 85%. 4) Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan komitmen organisasi guru (Y) di SD Al-Quran sebesar 89,6%. Artinya semakin baik kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka akan semakin baik pula komitmen organisasi guru. 5) Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara komunikasi organisasi (X2) dengan komitmen organisasi guru (Y) sebesar 78,7%. Artinya semakin baik komunikasi organisasi guru maka akan semakin baik pula komitmen organisasi guru. 6) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel komitmen organisasi guru sebesar 92,2%. Nilai signifikansi kepemimpinan transformasional kepala sekolah = 0,000 < 0,05 (H0 di tolak, Ha diterima). Artinya kepemimpinan transformasional kepala sekolah signifikan mempengaruhi komitmen organisasi guru dan komunikasi organisasi = 0,008 < 0,05 (H0 ditolak, Ha diterima). Artinya komunikasi organisasi signifikan mempengaruhi komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Komunikasi Organisasi; Komitmen Organisasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zainuddin Al Abany Aban
Date Deposited: 04 Sep 2020 06:57
Last Modified: 28 Jan 2022 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33073

Actions (login required)

View Item View Item