Zainuddin, Zainuddin (2020) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru: Penelitian di SD Al-Quran Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa guru SD Al-Quran yang tidak begitu terlibat dalam kegiatan sekolah di luar kelas, sering datang terlambat ke sekolah, dan terlambat masuk ke kelas. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru di SD Al-Quran Bandung yang meliputi: 1) Nilai kepemimpinan transformasional kepala sekolah. 2) Nilai komunikasi organisasi. 3) Nilai komitmen organisasi guru. 4) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap komitmen organisasi guru. 5) Pengaruh komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru. 6) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi terhadap komitmen organisasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Al-Quran memperoleh nilai sebesar 79%. 2) Komunikasi organisasi di SD Al-Quran memperoleh nilai sebesar 79%. 3) Komitmen organisasi guru di SD Al-Quran memperoleh nilai sebesar 85%. 4) Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dengan komitmen organisasi guru (Y) di SD Al-Quran sebesar 89,6%. Artinya semakin baik kepemimpinan transformasional kepala sekolah, maka akan semakin baik pula komitmen organisasi guru. 5) Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara komunikasi organisasi (X2) dengan komitmen organisasi guru (Y) sebesar 78,7%. Artinya semakin baik komunikasi organisasi guru maka akan semakin baik pula komitmen organisasi guru. 6) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komunikasi organisasi memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel komitmen organisasi guru sebesar 92,2%. Nilai signifikansi kepemimpinan transformasional kepala sekolah = 0,000 < 0,05 (H0 di tolak, Ha diterima). Artinya kepemimpinan transformasional kepala sekolah signifikan mempengaruhi komitmen organisasi guru dan komunikasi organisasi = 0,008 < 0,05 (H0 ditolak, Ha diterima). Artinya komunikasi organisasi signifikan mempengaruhi komitmen organisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional; Komunikasi Organisasi; Komitmen Organisasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zainuddin Al Abany Aban |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 06:57 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 03:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33073 |
Actions (login required)
View Item |