Wulandari, Resma (2020) Akad kerjasama antara Google Adsense dan Publisher dalam tinjauan teori al Sarakhsi dan al Muzani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
Abstract
Suatu kerjasama antara dua orang atau lebih pada dasarnya diperbolehkan. Hal ini sesuai dengan QS.Al-Maidah[5]:1, Hadis qudsi riwayat Abu Daud, serta kaidah ushul yang memperbolehkan adanya suatu kegiatan muamalah atau kegiatan antara manusia dengan manusia lainnya hingga ada dalil yang melarangnya. Sehingga suatu perbuatan kerjasama apabila didalamnya terdapat suatu larangan dapat menjadikan kerjsama tersebut dilarang. Tujuan dari penelitian ini setidaknya menjawab tiga permasalahan yaitu: a)mekanisme akad perjanjian antara google adsense dan publisher, b)akad perjanjian menurut al Sarakhsi dan al Muzani, dan c) akad kerjasama antara google adsense dan publisher menurut al Sarakhsi dan al Muzani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara berpikir yang inferensif dengan merujuk dan dianalisa melalui data-data yang bersifat explorative yang kemudian diaplikasin kedalam permasalahan yang diteliti untuk menghasilkan kesimpulan khusus yang sementara, dengan menggunakan pendekatan perbandingan (comparative approach) yang menjadikan pemikiran tokoh dari madzhab hanafi dan madzhab syafi’i mengenai kajian akad kerjasama. Google adsense merupakan program afiliasi google dalam bidang periklanan, kini google adsense menjadi suatu e-commerce (bisnis elektronik) yang banyak digandrungi oleh masyarakat hampir diseluruh belahan dunia. Publisher adalah orang yang bergabung menjadi anggota publisher yang bekerja untuk mempublish iklan dari google melalui situs websitenya. Kerjasama antara google adsense dan publisher merupakan kerjasama berupa amal atau pekerjaan tanpa adanya pokok harta atau modal. Beberapa akad dalam google serta kerjasama seperti ini terjadi perbedaan pendapat dikalangan ulama. Menurut al-sarakhsi syirkah merupakan suatu hal yang menghasilkan suatu keuntungan, jika syirkah dalam kontribusi pokok harta diperbolehkan maka kontribusi yang hanya pekerjaan sajapun diperbolehkan, asalkan orang yang berserikatnya itu memenuhi syarat wakalah dan kafalah yang diantaranya adalah baligh,berakal,merdeka,dan cerdas dalam mengelola suatu bisnis. Namun apabila didalamnya terdapat subjek yang tidak jelas, akad kerjasama dapat menjadi makruh. Sedangkan dalam pandangan al-Muzani syirkah merupakan bagi hasil yang diharuskan adanya harta terlebih dahulu dalam bagi hasil tersebut, menurutnya bahwa syirkah atau perserikatan tanpa pokok harta adalah bathil. Karena akan menimbulkan ketidak jelasan atau gharar. Sehingga akadnya dapat menjadi batal. Baik pendapat al-Saarakhsi ataupun al-Muzani, keeduanya mempunyai dalil yang kuat, namun dalil yang paling kuat dan relevan dengan akad kerjasama antara google adsense dan publisher adalah teori Sarakhsi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | akad kerjasama; google adsense; publisher; al sarakshi; al muzani |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum |
Depositing User: | Resma Wulandari |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 06:53 |
Last Modified: | 07 Sep 2020 06:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33125 |
Actions (login required)
View Item |