Wahdini, Nur Annisa (2020) City Branding melalui website Visitingjogja.com: Studi deskriptif pada Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (713kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan perangkat pelaksana urusan pemerintahan di bidang pariwisata yang menjadi kewenangan daerah sebagai pelaksana kegiatan city branding Daerah Istimewa Yogyakarta melalui website visitingjogja.com. Program ini merupakan suatu strategi untuk membangun identitas kota dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Daerah Istimewa Yogyakarta telah menerapkan strategi city branding melalui berbagai media promosi, salah satunya adalah media online yaitu website visitingjogja.com Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses penciptaan city branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melalui website visitingjogja.com mulai dari tahap menciptakan nilai, tahap menciptakan pesan, tahap menentukan kepribadian sampai dengan tahap menentukan ikon merek Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep city branding oleh Mike Moser. Konsep ini dipiih karena relevan dengan tahapan yang ditempuh oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dalam proses penciptaan city branding melalui website visitingjogja.com. Paradigma yang digunakan adalah paradigma kontruktivistik dengan pendekatan interpretatif dan metode deskriptif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa city branding yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta melalui website visitingjogja.com diawali dengan tahap 1) menciptakan nilai merek inti meliputi a) identifikasi nilai yang sangat melekat dengan kota, b) identifikasi nilai yang konsisten digenggam oleh kota, c) identifikasi kata yang bergairah yang merupakan nilai emosional. Tahap 2) menciptakan pesan merek inti meliputi a) identifikasi kota, dan b) realitas kota. Tahap 3) menentukan kepribadian merek meliputi a) identifikasi kepribadian pemimpin kota dan b) identifikasi deferensiasi website. Tahap 4) menentukan ikon merek yang menggunakan identifikasi semiotik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan proses city branding melalui media online yaitu website visitingjogja.com sesuai dengan tahapan dalam konsep city branding oleh Mike Moser
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | City Branding; website; visitingjogja.com; Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Nur Annisa Wahdini |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 04:35 |
Last Modified: | 18 Sep 2020 02:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33464 |
Actions (login required)
View Item |