Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA: Pengajuan dan pemecahan masalah

Wardani, Nur Rahmah (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA: Pengajuan dan pemecahan masalah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang didasai dari hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 46 Bandung. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu dengan penerapan model pembelajaran JUCAMA (Pengajuan dan Pemecahan Masalah). Penelitian ini menggunakan metode Kuasi Eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis, perbedaan pencapaian kemampuan berpikir matematis berdasarkan kategori PAM, dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan disposisi matematis siswa. Selain itu penelitian ini juga menganalisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif matematis. Dengan menggunakan instrumen tes dan non tes penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan disposisi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran JUCAMA dengan model konvensional, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran JUCAMA dengan model konvensional berdasarkan kategori PAM. Model pembelajaran JUCAMA ini berbasis pemecahan dan pengajuan masalah karena keduanya mendorong berkembangnya kreatifitas sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, namun dalam mengerjakan soal kemampuan berpikir kreatif matematis, siswa masih kesulitan terutama pada indikator kebaruan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jumaca; berpikir kreatif matematis; disposisi matematis
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rahmah Wardani
Date Deposited: 21 Sep 2020 00:45
Last Modified: 21 Sep 2020 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33595

Actions (login required)

View Item View Item