Tabligh atraktif da'i dalam ajang pencarian bakat: Analisis atraksi interpersonal tabligh Ustadz IL dan AL

Firousyurahman, Muhammad (2020) Tabligh atraktif da'i dalam ajang pencarian bakat: Analisis atraksi interpersonal tabligh Ustadz IL dan AL. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover (Tabligh Atraktif Da'i dalam Ajang Pencarian Bakat).pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Tabligh adalah kegiatan yang sangat mulia yang dicontohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW dengan tujuan untuk memberikan petunjuk kepada jalan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Nabi Muhammad SAW tidak pernah lelah untuk berdakwah menegakan syariat agama islam. Dakwah bil Lisan adalah metode yang lebih mudah tata cara penyampaiannya, secara lisan yang diciptakan oleh Allah SWT adalah untuk berbicara atau menyampaikan informasi. Manusia ketika mendapatkan pesan tabligh melalui lisan tersebut cenderung lebih bisa menangkap isi pesan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Untuk mengetahui daya tarik fisik komunikasi interpersonal ustadz IL dan AL dalam Tabligh pada ajang pencarian bakat. (2) Untuk mengetahui bagaimana familiriarity komunikasi interpersonal ustad IL dan AL dalam Tablighnya pada ajang pencarian bakat. (3) Untuk mengetahui bagaimana kredibilitas komunikasi interpersonal ustad IL dan AL dalam Tabligh pada ajang pencarian bakat. Penilitian ini menggunakan teori Atraksi Interpersonal yang mana menurut Barlund factor-faktor yang mempengaruhi Atraksi Interpersonal adalah Daya Tarik, Familiarity, dan Kredibilitas. Paradigm pada penelitian ini adalah konstruktivis, sedangkan metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan semiotika sedangkan Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data kemudian dianalisis dengan membuat daftar pernyataan penting sebagai temuan kemudian dikelompokan sesuai dengan factor-faktor yang mempengaruhi atraksi interpersonal sebagai pengembangan dalam tabligh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ustadz IL dan AL dalam ajang pencarian bakat terbukti atraktif ketika tabligh dilihat dalam hal daya tarik, familiarity, dan kredibilitas ustadz IL dan AL. daya tarik ustadz Il dan AL dalam Tabligh ini meliputi daya tarik fisik, sapaan, penggunaan dalil, gaya gerak, teknik rima, pakaian, sibling relationship. Kemudian dalam hal familiarity ustadz IL dan AL terbukti atraktif yang mana ustadz IL dan AL memiliki popularitas yang baik dimata masyarakat, dan untuk meningkatkan itu semua ustadz IL dan AL menggunakan jaringan komunikasi kelompok Ilallover, media youtube dan instagram, dan prestasi sebagai pendongkrak prestasi. Sedangkan Tabligh atraktif ustadz IL dan AL juga terbukti dalam kredibilitasnya dalam pengolahan kata seirama, drama singkat, nyanyian penutup, dan penyampaian bukti-bukti empiric dalam Tablighnya. Sebagai kesimpulan, tabligh atraktif yang dilakukan ustadz IL dan AL dalam ajang pencarian bakat ini terbukti efektif dan menghibur tanpa kehilangan sedikitpun tujuan dari tabligh yaitu mengajak seseorang untuk menjadi lebih baik. Tabligh is a very noble activity exemplified directly by the Prophet Muhammad with the aim of providing guidance to the path of happiness in this world and the hereafter. Prophet Muhammad SAW was never tired of preaching to uphold the Islamic religious law. Da'wah bil Lisan is an easier method of delivery, orally created by Allah SWT is to speak or convey information. Humans when getting tabligh messages through verbal tend to be more able to capture the contents of the message The purpose of this study were (1) to examine the physical attractiveness of interpersonal communication of Ustadz IL and AL in their Tabligh in the talent search arena. (2) To find out how the familiriarity of interpersonal communication of Ustadz IL and AL in their Tabligh in the talent search arena. (3) To reveal the credibility of the interpersonal communication of IL and AL clerics in Tabligh in the talent search arena. This research uses the theory of interpersonal attraction, which according to Barlund, the factors that influence interpersonal attraction are attractiveness, familiarity, and credibility. The paradigm in this study is constructivist, while the method of this research is a case study with a semiotic approach while the type of this research is qualitative. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. After collecting the data, it is analyzed by making a list of important statements as findings then grouped according to the factors that affect interpersonal attraction as a development in tabligh. The results of the data obtained show that the clerics of IL and AL in the talent search arena are proven to be attractive when tabligh is seen in terms of attractiveness, familiarity, and credibility of Ustadz IL and AL. the attractiveness of Ustadz Il and AL in this Tabligh includes physical attractiveness, greetings, the use of propositions, movement styles, rhyme techniques, clothing, sibling relationships. Then in terms of the familiarity of the IL and AL clerics, it proved to be attractive, where the IL and AL clerics had good popularity in the eyes of the community, and to increase it all IL and AL ustadz used the Ilallover group communication network, youtube and Instagram media, and achievement as a booster of achievement. Meanwhile, the attractive Tabligh ustadz IL and AL are also proven in their credibility in the processing of chronograph words, short dramas, closing songs, and delivery of empirical evidence in their Tablighs. In conclusion, the attractive tabligh which was carried out by Ustadz IL and AL in this talent search event proved to be effective and entertaining without losing the slightest goal of tabligh itself, namely to invite someone to be better.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Atraksi Interpersonal; Da’i; Ustadz IL dan AL;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Firousyurahman
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:01
Last Modified: 21 Sep 2020 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33624

Actions (login required)

View Item View Item