Pengelolaan media relations melalui kegiatan media visit: Studi analisis deskripsi pada Humas Kementerian Sekretariat Negara RI

Faqih, Muhammad (2020) Pengelolaan media relations melalui kegiatan media visit: Studi analisis deskripsi pada Humas Kementerian Sekretariat Negara RI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

Era perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini membuat Praktisi Humas harus gencar meningkatkan kinerja untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Media visit dapat dimanfaatkan Praktisi Humas sebagai salah satu cara menyebarkan informasi kepada masyarakat dan sebagai sarana menjalin hubungan yang baik dengan pihak eksternal khususnya media. Penelitian ini menggunakan konsep public relations yang dikemukakan oleh Scoot M. Cutlip. Allen H. Centre dan Glen M. Broom yaitu empat tahapan proses kerja public relations atau lebih dikenal dengan four step public relations yang di dalam konsep tersebut meliputi fact finding, planning and programming, taking actions and communicating, evaluations program. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pertama Fact Finding atau pendefinisian masalah yang dilakukan Humas Kementerian Sekretariat Negara melakukan dengan melaksanakan rapat internal Humas Kemementerian Sekretariat Negara dan rutin berkomunikasi dengan pihak media yang bertujuan untuk merumuskan masalah dan perencanaan apa yang akan dilaksanakan di dalam kegiatan media visit supaya memudahkan dalam pelaksanaan dan dapat dimanfaat secara efektif. Kedua Planning and Programming atau perencanaan dan pemograman terhadap program dan kebijakan yang akan dilaksanakan Humas Kementerian Sekretariat Negara melakukan di dalam kegiatan media visit dengan melaksanakan pembuatan term of reference. Membuat term of reference memudahkan perencanaan kegiatan media visit dapat dilihat secara detail. Tahap berikutnya yang dilakukan oleh Humas Kementerian Sekretariat Negara dalam kegiatan media visit yaitu melakukan pendekatan secara formal dan informal. Ketiga Taking actions and communicating atau melaksanakan dan mengkomunikasikan program maupun kebijakan yang telah direncanakan Humas Kementerian Sekretariat Negara dalam tahap ini dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan media visit yaitu menyampaikan informasi dan kebijakan seputar Kementerian Sekretariat Negara di ruang meeting, aktivitas mengelilingi kantor media dan ditutup dengan makan bersama dengan jajaran pegawai media. Keempat Evaluations Program atau tahap mengevaluasi Humas Kementerian Sekretariat Negara dalam mengelola media relations melalui kegiatan media visit yang terakhir yaitu tahap hasil kinerja yang telah dilaksanakan. Tahap evaluasi ini dapat diukur dan dapat dilihat oleh Humas Kementerian Sekretariat Negara melalui kegiatan memonitoring dan menganalisis media dimana informasi yang beredar dan disampaikan oleh media benar atau berita palsu atau hoaks

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Relations; Media Visit
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhammad Faqih
Date Deposited: 24 Sep 2020 06:11
Last Modified: 24 Sep 2020 06:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33764

Actions (login required)

View Item View Item