Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2009-2018

Hadiana, Muzia Fatimah (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2009-2018. Current Ratio (CR) merupakan rasio likuiditas yang melihat sejauh mana perusahaan dapat membayar kewajiban jangka pendeknya. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio solvabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang. Dan Net Profit Margin (NPM) merupakan rasio profitabilitas melihat sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa besarnya pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin, berapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio secara parsial terhadap Net Profit Margin, dan berapa besar pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2009-2018. Kerangka pemikiran menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Net Profit Margin. Tetapi Net Profit Margin juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan PT. Kalbe Farma Tbk. Periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji t-statistik, dan uji F-statistik. Hasil penelitian menunjukkan Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin sebesar 2,97%. Sedangkan Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin sebesar 34,04%. Dan hasil secara simultan menunjukkan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Net Profit Margin berpengaruh signifikan sebesar 63,52% pada PT. Kalbe Farma Tbk Periode 2009-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muzia Fatimah Hadiana
Date Deposited: 25 Sep 2020 06:11
Last Modified: 25 Sep 2020 06:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33782

Actions (login required)

View Item View Item