Analisis kesesuaian nilai-nilai karakter yang terkandung antara buku guru dan buku siswa tematik kurikulum 2013 Kelas II SD/MI Tema 7 Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan di sekolah

Rahmania, Aini (2020) Analisis kesesuaian nilai-nilai karakter yang terkandung antara buku guru dan buku siswa tematik kurikulum 2013 Kelas II SD/MI Tema 7 Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan di sekolah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
8_BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai karakter pada buku guru dan buku siswa tematik kurikulum 2013 kelas II SD/MI tema 7 kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah. Unit analisis adalah nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku guru dan buku siswa tematik kelas II SD/MI tema 7 kebersamaan subtena 2 kebersamaan di sekolah. Sajian nilai-nilai karakter buku guru dan buku siswa tematik kelas II SD/MI tema 7 kebersamaan subtema 2 kebersamaan di sekolah. Dan kesesuaian nilai karakter antara buku guru dan buku siswa tematik kelas II SD/MI tema 7 kebersamaan subtema 2 kebersamaan di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif melalui empat tahap, yaitu pengadaan data, reduksi data, penyajian data, pendeskripsian/Interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data penelitian adalah buku guru dan siswa tematik kelas II SD/MI Tema 7 Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah nilai karakter yang terkandung dalam buku guru tema 7 kebersamaan subtema 2 kebersamaan di sekolah sebanyak 68. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari semua subtema 2 kebersamaan yang diantaranya dari pembelajaraan satu hingga pembelajaraan enam. jumlah nilai karakter yang diterkandung dalam buku siswa tema 7 kebersamaan subtema 2 kebersamaan di sekolah sebanyak 58. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari semua subtema 2 kebersamaan yang diantaranya dari pembelajaraan satu hingga pembelajaraan enam. sajian nilai-nilai karakter dalam buku guru kurikulum 2013 kelas II SD/MI tema 7 kebersamaan subtema 2 kebersamaan di sekolah disajikan dengan adanya intruksi-intruksi dalam setiap langkah-langkah pembelajaran guru.Sajian nilai-nilai karakter dalam buku siswa kurikulum 2013 kelas II SD/MI tema 7 kebersamaan subtema 2 kebersamaan di sekolah disajikan dalam teks bacaan, kegiatan siswa, serta dalam mengerjakan soal. Analisis kesesuaian nilai karakter antara buku guru dan buku tematik siswa kelas II SD / MI kurikulum 2013 tema 7 kebersamaan sub tema 2 kebersamaan di sekolah, buku teks memiliki kesesuaian pengembangan nilai karakter. Meski masih banyak terdapat ketidaksesuaian nilai karakter di beberapa pelajaran. kesesuaian nilai karakter antara buku guru dengan buku tematik siswa kelas II SD / MI kurikulum 2013 tema 7 kebersamaan sub tema 2 kebersamaan di sekolah yaitu nilai peduli dan nilai percaya diri. Ketidaksesuaian nilai karakter antara buku guru dan buku siswa terdapat pada nilai religius, nilai disiplin, nilai tanggung jawab, dan nilai santun

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter; Buku Tematik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aini Rahmania
Date Deposited: 07 Oct 2020 07:11
Last Modified: 07 Oct 2020 07:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item