Nurhayati, Anisa (2020) Upaya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self directed learning melalui penerapan strategi reconnecting berbasis aplikasi Wingeom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya matematika dalam kehidupan serta masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Directed Learning siswa. Pembelajaran menggunakan strategi Reconnecting berbasis aplikasi Wingeom menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Directed Learning siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (3) Self Directed Learning siswa terhadap pembelajaran matematika dengan diterapkannya strategi Reconnecting berbasis aplikasi Wingeom; (4) hubungan antara Self Directed Learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cilenyi kelas VIII-A dan VIII-C menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) rata-rata nilai n-gain menunjukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas strategi Reconnecting berbasis aplikasi Wingeom lebih baik yaitu 0,63 daripada siswa pada kelas dengan pembelajaran konvensional yaitu 0,45; (b) pencapaian berdasarkan katagori PAM dilihat dari rata-rata skor posttest pada kelas strategi Reconnecting berbasis aplikasi Wingeom dengan PAM katagori tinggi sebesar 18,33, katagori sedang sebesar 15,83, dan katagori rendah sebesar 15,4 lebih baik dari rata-rata posttest kelas konvensional PAM katagori tinggi sebesar 17,6, katagori sedang sebesar 12,75, dan katagori rendah sebesar 9,6.; (c) Self Directed Learning siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Reconnecting berbasis aplikasi Wingeom sebagian besar siswa memberikan respon positif; (d) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Self Directed Learning dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah matematis; strategi reconnecting; aplikasi wingeom; self directed learning |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Anisa Nurhayati |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 00:46 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 00:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34117 |
Actions (login required)
View Item |