Badriah, Rahmi Siti (2020) Pengembangan Videoscribe berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi teori kinetik gas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan penalaran ilmiah harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Videoscribe berbasis Multirepresentasi, peningkatan dan respon peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE yaitu Analysis meliputi analisis kurikulum, lapangan, dan penelitian terdahulu. Design mengenai rancangan instrumen dan videoscribe. Devolepment merupakan proses pembuatan videoscribe dan uji validasi. Implementation sebagai penggunaan videoscribe oleh peserta didik kelas XI SMAN 13 Garut, yaitu kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 43 orang. Evaluation berisi tentang hasil uji lapangan seperti Lembar Validasi, Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes keterampilan penalaran ilmiah. Hasil penelitian ahli menunjukan kelayakan sebesar 87% terkategori sangat tinggi dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. N-Gain pada setiap indikator penalaran ilmiah terdapat satu indikator yang terkategori tinggi yanitu sebesar 0,84 dan lima indikator lainnya berada dalam kategori sedang dengan rentang nilai berada di atas 0,30, sedangkan untuk N-Gain keseluruhan memperoleh 0,51 yang terkategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=6,03 > t_tabel=2,02, sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran ilmiah setelah menggunakan videoscribe berbasis multirepresentasi sebagai media pembelajaran pada materi teori kinetik gas. Peserta didik memberikan respon yang baik terhadap penggunaan videoscribe dengan rata-rata persentase tiga aspek respon yaitu 85,3% aspek ketertarikan, 80,0% aspek materi dan 89,9% aspek bahasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Videoscribe berbasis multirepresentasi; keterampilan penalaran ilmiah; teori kinetik gas; ADDIE. |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rahmi Siti Badriah |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 01:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 01:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34314 |
Actions (login required)
View Item |