Pengembangan Videoscribe berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi teori kinetik gas

Badriah, Rahmi Siti (2020) Pengembangan Videoscribe berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi teori kinetik gas. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan penalaran ilmiah harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Videoscribe berbasis Multirepresentasi, peningkatan dan respon peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE yaitu Analysis meliputi analisis kurikulum, lapangan, dan penelitian terdahulu. Design mengenai rancangan instrumen dan videoscribe. Devolepment merupakan proses pembuatan videoscribe dan uji validasi. Implementation sebagai penggunaan videoscribe oleh peserta didik kelas XI SMAN 13 Garut, yaitu kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 43 orang. Evaluation berisi tentang hasil uji lapangan seperti Lembar Validasi, Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan tes keterampilan penalaran ilmiah. Hasil penelitian ahli menunjukan kelayakan sebesar 87% terkategori sangat tinggi dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. N-Gain pada setiap indikator penalaran ilmiah terdapat satu indikator yang terkategori tinggi yanitu sebesar 0,84 dan lima indikator lainnya berada dalam kategori sedang dengan rentang nilai berada di atas 0,30, sedangkan untuk N-Gain keseluruhan memperoleh 0,51 yang terkategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=6,03 > t_tabel=2,02, sehingga disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran ilmiah setelah menggunakan videoscribe berbasis multirepresentasi sebagai media pembelajaran pada materi teori kinetik gas. Peserta didik memberikan respon yang baik terhadap penggunaan videoscribe dengan rata-rata persentase tiga aspek respon yaitu 85,3% aspek ketertarikan, 80,0% aspek materi dan 89,9% aspek bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Videoscribe berbasis multirepresentasi; keterampilan penalaran ilmiah; teori kinetik gas; ADDIE.
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahmi Siti Badriah
Date Deposited: 20 Oct 2020 01:01
Last Modified: 20 Oct 2020 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34314

Actions (login required)

View Item View Item