Yuliani, Neni (2020) Pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Al Islam Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran meaningiful instructional design terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Islam Majalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model Meaningful Instructional Design (MID) pada pokok bahasan bangun ruang mengenai balok dan kubus ditunjukkan berdasarkan rata-rata pretest sebesar 43,63 dan rata-rata posttest sebesar 76,16 dengan nilai N-gain sebesar 0,59 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini dikarenakan siswa yang mengikuti pembelajaran model MID mengutamakan kebermaknaan dalam kegiatan belajar (2) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran langsung pada pokok bahasan bangun ruang mengenai balok dan kubus ditunjukkan berdasarkan rata-rata pretest sebesar 40,16 dan rata-rata posttest sebesar 59,37 dengan nilai N-gain sebesar 0,33 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran langsung, proses belajarnya dilakukan secara bertahap. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model MID dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini disebabkan siswa yang mengikuti model pembelajaran MID khususnya pada aspek reconstrucion mengutamakan terciptanya interpretasi pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang diperoleh. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung karena pengetahuan yang diperoleh bukan penemuan sendiri sehingga siswa akan lebih cepat lupa dengan pengetahuan yang diperoleh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Meaningiful Instructional Design; Hasil Belajar Kognitif; Matematika |
Subjects: | Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Neni Yuliani |
Date Deposited: | 21 Dec 2020 05:51 |
Last Modified: | 21 Dec 2020 05:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34344 |
Actions (login required)
View Item |