Pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Al Islam Kabupaten Bandung

Yuliani, Neni (2020) Pengaruh model pembelajaran meaningful instructional design terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika: Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Al Islam Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran meaningiful instructional design terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al Islam Majalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan model Meaningful Instructional Design (MID) pada pokok bahasan bangun ruang mengenai balok dan kubus ditunjukkan berdasarkan rata-rata pretest sebesar 43,63 dan rata-rata posttest sebesar 76,16 dengan nilai N-gain sebesar 0,59 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini dikarenakan siswa yang mengikuti pembelajaran model MID mengutamakan kebermaknaan dalam kegiatan belajar (2) Hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran langsung pada pokok bahasan bangun ruang mengenai balok dan kubus ditunjukkan berdasarkan rata-rata pretest sebesar 40,16 dan rata-rata posttest sebesar 59,37 dengan nilai N-gain sebesar 0,33 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hal ini disebabkan dalam pembelajaran langsung, proses belajarnya dilakukan secara bertahap. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan model MID dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini disebabkan siswa yang mengikuti model pembelajaran MID khususnya pada aspek reconstrucion mengutamakan terciptanya interpretasi pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang diperoleh. Sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung karena pengetahuan yang diperoleh bukan penemuan sendiri sehingga siswa akan lebih cepat lupa dengan pengetahuan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Meaningiful Instructional Design; Hasil Belajar Kognitif; Matematika
Subjects: Education
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Neni Yuliani
Date Deposited: 21 Dec 2020 05:51
Last Modified: 21 Dec 2020 05:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34344

Actions (login required)

View Item View Item