Makna Qira'ah dan Tilawah dalam Al-Qur'an perspektf teori anti sinonimitas Muhammad Syahrur

Nugraha, Sandi Wahid Rahmat (2020) Makna Qira'ah dan Tilawah dalam Al-Qur'an perspektf teori anti sinonimitas Muhammad Syahrur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Syahrur mengingkari sinonimitas dalam Al-Qur’an dengan alasan menerima sinonimitas sama dengan menolak historisitas perkembangan bahasa. Padahal faktanya bahasa itu mengalami perkembangan diakronis. Salah satu yang termasuk di dalamnya adalah kata qira>’ah dan tila>wah. Di dalam Al-Qur’an terjemah (depag misalnya) yang terdapat bentukan yang berasal dari akar kata qira>’ah dan tila>wah, keduanya akan diartikan secara leksikal dengan membaca (atau berbagai variasi lain dengan akar kata baca). Padahal antara satu kata dengan kata lainnya dalam Al-Qur’an tidak bisa saling menggantikan. Sehingga dalam penelitian ini penulis akan melacak latar belakang teori anti sinonimitas Syahrur dan dampaknya terhadap dua kata atau lebih dalam Al-Qur’an yang dianggap sinonim, dan berupaya menemukan makna qira>’ah dan tila>wah dalam Al-Qur’an perspektif teori anti sinonimitas Syahrur. Tujuannya adalah agar dapat memahami hal-hal yang menyebabkan munculnya teori anti sinonimitas Syahrur dan menemukan perbedaan yang kontras dan signifikan antara kedua kata yang dianggap sinonim tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif-analisis yang dikombinasikan dengan analisis semantik. Penulis melakukan pemaparan latar belakang pemikiran Syahrur mengenai gagasan anti sinonimitas, kemudian mengambil sampel dua kosakata dalam Al-Qur’an yang dianggap sinonim yakni kata qira>’ah dan tila>wah untuk dianalisis menggunakan metode semantik. Kemudian hasilnya dikorelasikan dengan perspektif Syahrur. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan langsung dengan kata qira>’ah dan tila>wah untuk menemukan berbagai derivasi dari kedua kata tersebut. Sedangkan yang mencakup konsep dan pemikiran mengenai pembacaan yang dilakukan Muhammad Syahrur, penulis menjadikan bukunya yaitu Al-Kita>b wa Al-Qur’a>n: Qira>’ah Mu’a>sirah sebagai referensi utama kedua. Untuk sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku-buku dan artikel-artikel di internet, majalah dan media lainnya yang sesuai dengan tema penelitian yang dibahas. Dapat disimpulkan tila>wah sudah pasti qira>’ah. Tetapi qira>’ah belum tentu tila>wah. Karena dalam tila>wah pasti melibatkan qira>’ah, karena subjek tila>wah dan audiens tila>wah sudah tentu melakukan proses kognisi (qira>’ah). Tetapi baru disebut tila>wah, apabila hasil qira>’ah dari subjek dan audiens tila>wah, menjadikannya sebagai pedoman dan prinsip dalam hidup. Bentuk sinonim seperti ini dinamakan sinonim selaras. Sinonim selaras adalah beberapa kata atau ungkapa yang memiliki komponen makna yang sama, tetapi satu di antaranya memiliki komponen makna yang agak luas. Adapun titik tekan Syahrur dalam memahami Al-Qur’an ada pada upayanya dalam melakukan kontekstualisasi teks. Sehingga qira>’ah dalam konteks sekarang adalah tindakan menelaah, mengkaji atau melakukan penelitian terhadap suatu hal. Sedangkan tila>wah adalah seminar ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: qira>’ah; tila>wah; sinonimitas; Syahrur;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Sandi Wahid Rahmat Nugraha
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:43
Last Modified: 21 Oct 2020 01:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34388

Actions (login required)

View Item View Item