Mugiri, Widiastuti Ledgeriana (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis Experiential Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan abad ke-21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis. Hasil studi lapangan menunjukkan keterampilan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah dan guru belum memanfaatkan bahan ajar berupa LKPD digital untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan LKPD digital berbasis experiential learning bertujuan untuk mengetahui 1) Validitas LKPD digital berbasis experiential learning, 2) Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan LKPD digital berbasis experiential learning, dan 3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bojongsoang pada materi gelombang bunyi. Subjek penelitian uji coba produk berjumlah 13 orang peserta didik. Hasil penelitian meliputi: 1) Pengembangan LKPD digital berbasis experiential learning menggunakan langkah dari metode penelitian 4D (define, design, development, dan dissemination) memperoleh hasil validasi kelayakan sangat baik dengan persentase sebesar 82,43%, 2) Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan LKPD digital berbasis experiential learning berada dalam kategori baik dan efektif dengan persentase 71,85%, serta 3) Penggunaan LKPD digital berbasis experiential learning pada materi gelombang bunyi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata skor n-gain 0,72 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan ialah LKPD digital berbasis experiential learning mampu diterapkan dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD digital; experiential learning; keterampilan berpikir kritis; gelombang bunyi |
Subjects: | Teori of Knowledge Applied Physics Applied Physics > Energy Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Widiastuti Ledgeriana Mugiri |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 06:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34601 |
Actions (login required)
View Item |