Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis Experiential Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Mugiri, Widiastuti Ledgeriana (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital berbasis Experiential Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan abad ke-21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir kritis. Hasil studi lapangan menunjukkan keterampilan berpikir kritis peserta didik masih tergolong rendah dan guru belum memanfaatkan bahan ajar berupa LKPD digital untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan LKPD digital berbasis experiential learning bertujuan untuk mengetahui 1) Validitas LKPD digital berbasis experiential learning, 2) Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan LKPD digital berbasis experiential learning, dan 3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bojongsoang pada materi gelombang bunyi. Subjek penelitian uji coba produk berjumlah 13 orang peserta didik. Hasil penelitian meliputi: 1) Pengembangan LKPD digital berbasis experiential learning menggunakan langkah dari metode penelitian 4D (define, design, development, dan dissemination) memperoleh hasil validasi kelayakan sangat baik dengan persentase sebesar 82,43%, 2) Keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan LKPD digital berbasis experiential learning berada dalam kategori baik dan efektif dengan persentase 71,85%, serta 3) Penggunaan LKPD digital berbasis experiential learning pada materi gelombang bunyi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan rata-rata skor n-gain 0,72 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan ialah LKPD digital berbasis experiential learning mampu diterapkan dalam proses pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD digital; experiential learning; keterampilan berpikir kritis; gelombang bunyi
Subjects: Teori of Knowledge
Applied Physics
Applied Physics > Energy Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Widiastuti Ledgeriana Mugiri
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:12
Last Modified: 03 Nov 2020 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34601

Actions (login required)

View Item View Item