Rohimah, Sri (2020) Penerapan model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi Usaha dan Energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk menghadirkan ide-ide baru yang ada dan berharga dalam banyak hal. Berpikir kreatif berkaitan dengan kebaruan, dengan kemampuan membuat sesuatu, untuk mengimplementasikan bentuk-bentuk baru, serta untuk menghasilkan banyak keterampilan imajinatif atau untuk membuat sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan diterapkannya model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) pada materi usaha dan energi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pre-eksperimen, dengan The One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 3 SMAN 19 Garut dengan jumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), lembar AABTLT with Student Activity Sheet (SAS), dan tes keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan lembar SAS peserta didik dengan persentase ketercapaian keterlaksanaan model pembelajaran, N-Gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan model FSLC sebesar 80% dengan interpretasi efektif. Rata-rata N-Gain sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh t hitung (17,05) > t tabel (2,042), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik setelah diterapkannya model FSLC pada materi usaha dan energi di kelas X MIPA SMAN 19 Garut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Formulate-Share-Listen-Create; keterampilan berpikir kreatif; Usaha dan Energi |
Subjects: | Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sri Rohimah |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 06:08 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 06:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34608 |
Actions (login required)
View Item |