Safitri, Sani (2020) Pengembangan Hypermedia untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bersumber dari masalah yang ditemukan dilapangan yaitu terkait kurangnya penggunaan media pembelajaran dan rendahnya pemahaman konsep peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan hypermedia , 2) peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan Hypermedia , dan 3) respon peserta didik terhadap hypermedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa hypermedia ini layak untuk digunakan dalam proses yang menilai dari enam aspek: Aspek kurikulum memiliki persentase 86,7%, aspek materi memiliki persentase 85%, aspek bahasa 84%, aspek media 88%, aspek penyajian 85% dan aspek perangkat lunak 90%. Dengan memiliki persentase rata-rata 86,4% dengan kategori layak. Kesimpulan dari pemaparan tersebut menunjukan bahwa hypermedia layak digunakan sebagai media pembelajaan. 2) terdapat peningkatan nilai posttest dari nilai pretest dengan perolehan nilai N-gain dengan persentase rata-rata 0,55 berkategori sedang, serta berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 4,95 dan 2,048 sehingga t_hitung>t_tabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan hypermedia. 3) Terdapat respon positif dari peserta didik terhadap penggunaan hypermedia dengan perolehan pernyataan positif sebesar 92% dan pernyataan negatif sebesar 30% maka dapat disimpulkan hypermedia sangat menarik sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hypermedia;Pemahaman Konsep; Usaha dan Energi |
Subjects: | Adult Education > Distance Education Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sani Safitri |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 06:00 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 06:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34638 |
Actions (login required)
View Item |