Pengembangan Hypermedia untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha energi

Safitri, Sani (2020) Pengembangan Hypermedia untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi usaha energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bersumber dari masalah yang ditemukan dilapangan yaitu terkait kurangnya penggunaan media pembelajaran dan rendahnya pemahaman konsep peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kelayakan hypermedia , 2) peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan Hypermedia , dan 3) respon peserta didik terhadap hypermedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan penilaian validator ahli media, ahli materi dan ahli lapangan, dapat disimpulkan bahwa hypermedia ini layak untuk digunakan dalam proses yang menilai dari enam aspek: Aspek kurikulum memiliki persentase 86,7%, aspek materi memiliki persentase 85%, aspek bahasa 84%, aspek media 88%, aspek penyajian 85% dan aspek perangkat lunak 90%. Dengan memiliki persentase rata-rata 86,4% dengan kategori layak. Kesimpulan dari pemaparan tersebut menunjukan bahwa hypermedia layak digunakan sebagai media pembelajaan. 2) terdapat peningkatan nilai posttest dari nilai pretest dengan perolehan nilai N-gain dengan persentase rata-rata 0,55 berkategori sedang, serta berdasarkan hasil uji t, didapatkan nilai t_hitung dan t_tabel yaitu 4,95 dan 2,048 sehingga t_hitung>t_tabel menyebabkan hipotesis nol ditolak. Dengan ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan hypermedia. 3) Terdapat respon positif dari peserta didik terhadap penggunaan hypermedia dengan perolehan pernyataan positif sebesar 92% dan pernyataan negatif sebesar 30% maka dapat disimpulkan hypermedia sangat menarik sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hypermedia;Pemahaman Konsep; Usaha dan Energi
Subjects: Adult Education > Distance Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sani Safitri
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:00
Last Modified: 04 Nov 2020 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34638

Actions (login required)

View Item View Item