Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui metode jari Aljabar : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Al-Iswah Kota Cimahi

Al Karni, Siti Nurul Fathonah (2019) Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui metode jari Aljabar : Penelitian tindakan kelas di kelompok B RA Al-Iswah Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab IIdocx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, terdapat beberapa masalah terkait dengan kemampuan berhitung permulaan anak yang berdampak pada kemampuan berhitung permulaan anak, diantaranya adalah anak belum mampu menyebutkan bilangan dengan berurutan dan benar, belum mampu mengenal lambang bilangan, kurang mampu mencocokan bilangan dengan benda, karena metode yang digunakan masih sederhana serta kurang efektif, yaitu hanya dengan mengenalkan bilangan dan meyebtutkan bilangan. Sehingga membuat suasa pembelajaran kurang menyenangkan dan anak sulit memahami lambang bilangan, dan mengenal bilangan dan berpengaruh pada kemampuan berhitung permulaan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan berhitung permulaan anak sebelum diterapkannnya metode jari aljabar di kelompok B RA Al Iswah Kota Cimahi. 2) proses pembelajaran metode jari aljabar di kelompok B RA Al Iswah Kota Cimahi pada seluruh siklus. 3) kemampuan berhitung permulaan anak setelah diterapkannya metode jari aljabar di kelompok B RA Al Iswah Kota Cimahi pada seluruh siklus. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa berhitung permulaan merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting bagi anak yang perlu dikembangkan. Kegiatan berhitung anak usia dini perlu diajarkan dengan berbagai macam metode yang tepat sehingga tidak merusak pola perkembangan anak. Dari asumsi tersebut maka diajukan hipotesis, penerapan metode jari aljabar dapat meningkatkankemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini di kelompok B RA Al Iswah Kota Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, kesimpulan, dan verifikasi. Subjek/responden dalam penelitianini adalah siswa/i RA Al-Iswah Kota Cimahi yang berjumlah 13 orang pada Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan berhitung permulaan anak sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 35,46 dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan metode jari aljabar dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I observasi aktivitas guru mencapai 73,07% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 96,15% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula pada observasi aktivitas anak siklus I mencapai 65,08% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 86,67% dengan kriteria sangat baik. Adapun pada siklus I dalam kemampuan berhitung permulaan anakmemperoleh nilai rata-rata 54,11 dengan kriteria kurang dan adapun pada siklus siklus II dalam kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 94,76 dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: berhitung permulaan; anak usia dini; jari aljabar
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Nurul Fathonah Al Karni
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:42
Last Modified: 28 Dec 2022 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34726

Actions (login required)

View Item View Item