Aktivitas siswa menggunakan Smartphone dalam pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian korelasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Cileunyi

Yusuf, Baharudin (2020) Aktivitas siswa menggunakan Smartphone dalam pembelajaran hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian korelasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BABII)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang ada di SMP Negeri 1 Cileunyi mengenai aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran. Secara teori, dapat diambil asumsi bahwa aktivitas penggunaan media smartphone dalam pembelajaran memiliki hubungan dengan hasil belajar. Hal tersebut baru sekedar asumsi berdasarkan teori yang mungkin berbeda pada praktiknya. Faktanya masih ada saja siswa yang menggunakan smartphone tidak sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa menggungakan smartphone dalam pembelajaran, 2) Hasil belajar kognitif siswa, 3) hubungan antara aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah smartphone. Berdasarkan teori, dapat diambil asusmsi bahwa aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran memiliki hubungan dengan hasil belajar kognitif mereka. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran, maka semakin baik hasil belajar kognitif mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui: 1) Observasi, untuk memperolah data kondisi objektif lokasi penelitian, 2) Angket, untuk memperoleh data aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran, 3) Dokumentasi, untuk memperoleh data mengenai hasil belajar kognitif siswa, 4) Studi Kepustakaan, untuk memperoleh teori yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) Analisis Parsisal, 2) Analisis Korelasi. Sampel pada penelitian ini adalah 52 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran berkategori tinggi dengan nilai rata – rata sebesar 3,50 yang berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) Hasil belajar kognitif siswa berkategori baik dengan nilai rata – rata sebesar 74,15 yang berada pada interval 70 – 79, 3) Hubungan antara aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berkategori sangat lemah. Hal ini berdasarkan perhitungan menggunakan teknik korelasi Product Moment yaitu sebesar 0,124 yang berada pada interval 0,00 – 0,20. Kemudian pada uji hipotesis didapatkan hasil bahwa hipotesis yang diajukan ditolak. Dengan demikian tidak ada hubungan antara aktivitas siswa menggunakan smartphone dalam pembelajaran dengan hasil belajar kognitif mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa Menggunakan Smartphone; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education, Research
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Baharudin Yusuf
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:07
Last Modified: 12 Nov 2020 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34889

Actions (login required)

View Item View Item