Pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan pengembangan diri pendidik terhadap kinerja guru masa pandemi Covid-19

Russamsi, Yunus (2020) Pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan pengembangan diri pendidik terhadap kinerja guru masa pandemi Covid-19. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-converted.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-converted.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi-converted.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1-converted.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja seorang guru dalam melaksanakan tugasnya untuk mencapai tujuan pembelajaran pada masa pandemi covid-19. Masa pendemi covid-19 kinerja guru dipengaruhi banyak faktor. Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan pengembangan diri pendidik merupakan dua faktor diantara faktor-faktor yang lain yang dapat mempengaruhi kinerja guru masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan pengembangan diri pendidik terhadap kinerja guru di SD Asy-Syifa 2 Kota Bandung yang meliputi: 1) Nilai kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah. 2) Nilai pengembangan diri pendidik. 3) Nilai Kinerja Guru. 4) Pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap kinerja guru. 5) Pengaruh pengembangan diri pendidik terhadap kinerja guru. 6) Pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan pengembangan diri pendidik terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan assosiatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2020, populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar Asy-Syifa 2 Kecamatan Antapani Kota Bandung yang berjumlah 42 orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Uji coba dilakukan pada guru di sekolah dasar Asy-Syifa 1 Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Validasi instrumen menggunakan uji validasi dan uji realibilitas. Uji validasi mendapatkan hasil jumlah soal yang dinyatakan valid untuk variabel 1 adalah 24 butir soal, variabel 2 adalah 20 butir soal, dan variabel 3 adalah 22 butir soal. Hasil uji realibilitas untuk ketiga variabel didapatkan rhitung>rtabel dengan rtabel sebesar 0,553. Reliabilitas X2 yakni 0,753, X2 yakni 0,749, dan Y yakni 0,750. Uji asumsi klasik digunakan uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis digunakan rumus r-product moment dan regresi ganda, dengan menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah SD Asy-Syifa 2 memperoleh nilai sebesar 71%, kategori sangat baik. 2) Pegembangan diri pendidik SD Asy-Syifa 2 memperoleh nilai sebesar 83%, kategori baik. 3) Kinerja guru SD Asy-Syifa 2 memperoleh nilai sebesar 79%, kategori baik.4) Terdapat pengaruh antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 30,7%. 5) Terdapat pengaruh antara pengembangan diri pendidik terhadap kinerja guru sebesar 46%. 6) Terdapat pengaruh antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan pengembangan diri pendidik secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 52,1% pada guru Sekolah Dasar Asy-Syifa 2 Kecamatan Antapani Kota Bandung Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah, Pengembangan diri Pendidik, Kinerja Guru.; Learning Leadership Of Headmaster, Teachers’ Personality Development, Teacher Performance.
Subjects: Education > Statistic of Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunus Russamsi
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:24
Last Modified: 12 Nov 2020 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34892

Actions (login required)

View Item View Item