Penerapan metode REACT dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa : Penelitian di SMP At-Tamamah Bayongbong Kelas VIII mata pelajaran PAI dan budi pekerti

Rizal, Muhammad (2020) Penerapan metode REACT dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan hasil belajar siswa : Penelitian di SMP At-Tamamah Bayongbong Kelas VIII mata pelajaran PAI dan budi pekerti. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di SMP At-Tamamah Bayongbong dengan menginput nilai ujian harian bab 3 sampai bab 5 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, diperoleh data mengenai hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masuk dalam kategori di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Maka penulis tertarik untuk menerapkam suatu metode pembelajaran baru untuk diterapkan di SMP At-Tamamah Bayongbong agar mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses penerapan metode REACT pada siswa dan mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti setelah diterapkannya metode pembelajaran REACT pada siswa kelas VIII di SMP At-Tamamah Bayongbong. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritik bahwa materi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti adalah materi yang berkaitan dengan spiritual keagamaan siswa yang berguna bagi kehidupan sehari-hari, oleh karena itu penting bagi siswa untuk memahami materi yang ditunjukkan oleh hasil belajar yang baik agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari yang akan membentuk siswa menjadi orang yang bermanfaat di dunia dan akhirat. Hipotesis yang diajukan yakni adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran REACT terhadap siswa kelas VIII SMP At-Tamamah Bayongbong.. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalen control groupt design melibatkan dua kelas yang terdiri masing-masing 18 siswa kelas VIII di SMP At-Tamamah Bayongbong. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui studi pustaka, tes dan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran REACT berjalan dengan sangat baik dengan aktivitas belajar 80% pada pertemuan pertama dan 93% pada pertemuan kedua, dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Sementara (2) pengaruh metode pembelajaran REACT terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti berpengaruh positif dan signifikan. Dengan N Gain sebesar 0,53 pada kelas eksperimen termasuk pada kategori sedang, lebih baik dari N Gain kelas kontrol 0,29 termasuk kategori rendah. Hasil uji homogenitas menunjukkan F hitung = 1,09 < F tabel = 2,23, artinya kedua data kelas kontrol dan eksperimen adalah Homogen. Sedangkan uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung (7,32) > t tabel (2,11), diartikan bahwa hipotesis (H₀) ditolak dan hipotesis (H₁) diterima, yang artinya dengan α = 5%, terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan metode pembelajaran REACT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; hasil belajar
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizal
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:11
Last Modified: 12 Nov 2020 04:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34917

Actions (login required)

View Item View Item