Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran fikih melalui model Team Game Torunamet dengan media kartu Quatet: Quasi eksperiment pada Madrasah Ibtidaiyah di Padalarang

Ramdani, Dede (2020) Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran fikih melalui model Team Game Torunamet dengan media kartu Quatet: Quasi eksperiment pada Madrasah Ibtidaiyah di Padalarang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya proses pembelajaran yang menjadikan pendidik sumber atau center dalam pembelajaran. Fenomena tersebut menyebabkan aktivitas belajar peserta didik sangat rendah dalam mengikuti pembelajaran, tercatat dari 25 orang peserta didik hanya 5-6 orang peserta didik yang memiliki aktivitas baik. Selain itu, masih rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran fikih menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian penerapan model TGT dalam pembelajaran Fikih pada Madrasah Ibtidaiyah Al-Adzkar dan Sabilil Huda. Dari 25 Peserta didik hanya 5-10 orang yang dapat mencapai target KKM, sisanya masih rendah dibawah KKM. Tujuan penelitian adalah untuk : (1) mengetahui penerapan model pembelajaran team game tournament pada mata pelajaran fikih. (2) mengetahui peningkatan akivitas belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran fikih dengan menggunakan model team game tournament. (3) mengetahui perbedaan aktivitas belajar peserta didik dalam mata pelajaran fikih pada Madrasah Ibtidaiyah di Padalarang antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. (4) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran fikih dengan menggunakan model team game tournament. (5) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran fikih pada Madrasah Ibtidaiyah di Padalarang antara kelas eksperiment dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah Quasi eksperiment non equivalent control grup design. Desain penelitian dengan dua kelas eksperiment dan dua kelas kontrol. Kelas eksperiment merupakan peserta didik dari kelas VB MI Al-Adzkar dan Kelas VA MI Sabilil Huda, sedangkan kelas Kontrol adalah peserta didik dari kelas VA MI Adzkar dan kelas VB MI Sabilil Huda. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, sementara untuk analisis data menggunakan SPSS Versi 26. Berdasarkan pada hasil penelitian, penerapan model team game tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran fikih materi ibadah haji. rata-rata aktivitas 75%, naik 20 % dari aktivitas sebelumnya yaitu 55%. Begitu juga dengan aktivitas peserta didik pada MI Sabilil Huda rata-rata aktivitas sebesar 71%, naik sebesar 14 % dari rata-rata sebelumnya yaitu 58%. Rata-rata nilai pretest 33,8 naik menjadi 75,8 pada MI Al-Adzkar. Begitu juga dengan MI Sabilil Huda, rata-rata pretest menunjukan nilai 38,00. Namun setelah diberikan treatment dengan menerapkan model pembelajaran TGT, rata-rata nilai posttest mencapai angka 71. Secara keseluruhan rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperiment sebesar 73,33 lebih besar dari nilai rata-rata dari kelas kontrol yaitu 68,00.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; hasil belajar; Team Game tournament;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dede Ramdani
Date Deposited: 19 Nov 2020 05:48
Last Modified: 19 Nov 2020 05:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34962

Actions (login required)

View Item View Item