Kepemimipinan kepala madrasah: Studi kasus tentang peningkatan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Alfalah Nagreg Kabupaten Bandung

Risnandar, Cheppy (2020) Kepemimipinan kepala madrasah: Studi kasus tentang peningkatan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Alfalah Nagreg Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Seorang kepala madrasah dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan kinerja guru merupakan prihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah/madrasah, karena dari gurulah perubahan dalam bidang pendidikan akan dicapai. Faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yang berkualitas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu guru agar bisa lebih profesional. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk menyajikan keberadaan tokoh sentral yaitu: kepala sekolah, yang dianggap memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan dan menganalisa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg. (2) Mendeskripsikan dan menganalis strategi apa yang digunakan oleh kepala madrasah Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg dalam meningkatkan kinerja guru.(3) Mengetahui dampak strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode sehingga diperoleh data yang objektif. Informan penelitian yaitu: kepala madrasah, waka kurikulum, kesiswaan, dan 3 orang pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg adalah: a) Kepala madrasah sebagai supervisor, b) Sebagai evaluator, c) Sebagai educator. (2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg adalah: a) Membangkitkan semangat kinerja para guru dengan cara menumbuhkan rasa memiliki terhadap lembaga, b) Kerja sama dengan lembaga lain dalam mengikutkan workshop dan pelatihan, c) Meningkatkan bahwa tugas guru, d) Bentuk motivasi adalah instrinsik dan ekstrinsik, e) Melakukan komunikasi persuasif dan memberikan kesejahteraan di luar gaji pokok, g) Strategi memberi perintah sesuai dengan tupoksi dan strategi menegur, h) Strategi menerima saran dan strategi menciptakan disiplin kelompok. (3) Dampak strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg adalah: a) Selalu membuat perencanaan pembelajaran, b) Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, c) Mewujudkan iklim kelas yang kondusif, d) Menggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Profesionalisme
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cheppy Risnandar Angga Widjaya
Date Deposited: 18 Nov 2020 01:01
Last Modified: 18 Nov 2020 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34992

Actions (login required)

View Item View Item