Penerapan prinsip-prinsip dakwah dalam penulisan artikel Renungan Jum’at Pikiran Rakyat: Analisis isi artikel pada Rubrik Renungan Jum’at surat kabar Pikiran Rakyat Edisi Januari-Juni 2015

Jaelani, Doni (2017) Penerapan prinsip-prinsip dakwah dalam penulisan artikel Renungan Jum’at Pikiran Rakyat: Analisis isi artikel pada Rubrik Renungan Jum’at surat kabar Pikiran Rakyat Edisi Januari-Juni 2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

Artikel rubrik Renungan Jum’at merupakan suatu karya ilmiah, karena artikel rubrik Renungan Jum’at mengandung fakta kehidupan atau realitas kehidupan. Dalam kajian dakwah, artikel Rubrik Renungan Jum’at merupakan media dakwah dari sekian banyak media dakwah yang termasuk media dakwah yang modern karena artikel rubrik Renungan Jum’at merupakan hasil dari pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam sebuah artikel rubrik Renungan Jum’at yang inspiratif dan mempengaruhi banyak orang, tentunya terdapat pesan dakwah didalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui deskripsi, kategorisasi, frekuensi dan kecenderungan pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam artikel rubrik Renungan Jum’at Harian Umum Pikiran Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis quantitatif) content analisis merupakan suatu teknik yang objektif, sistematik dan penggambaran secara kuantitatif isi-isi pernyataan suatu komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif karena berhubungan dengan analisis isi (dalam Krippendorff, 2004: 7). Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi yaitu proses pengumpulan data yang diperoleh dari Epaper Pikiran Rakyat sebanyak 23 sampel. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan hasil bahwa rubrik Renungan Jum’at ini terdapat banyak muatan pesan-pesan dakwah. Dari hasil menganalisa 23 sampel dapat diketahui deskrifsi Pesan-pesan tersebut terwujud dalam Kategori pesan yang mengindikasikan pesan dakwah mengenai akhlak terdapat 10 artikel, ibadah 6 artikel dan syariah 7 artikel. Peneliti menghimpun ungkapan-ungkapan melalui kategorisasi pesan dakwah. Terdapat dua pesan dakwah berdasarkan jenisnya, yaitu: pesan dakwah dari kategori substansi dan pesan dakwah dari kategori bentuk pesan. Adapun dari segi Kategori Substansi yaitu Akhlak terhitung frekuensinya, Sabar sebanyak 66 kali, frekuensi Ibadah dengan ungkapan Doa 47 kali, frekuensi Syariah dengan ungkapan Hukum 85 kali dan Kategori Bentuk informatif berfrekuensi dengan ungkapan Adalah 104 kali, Instruktif berfrekuensi dengan ungkapan Harus 83 kali dan persuasif berfrekuensi dengan ungkapan Agar 69 kali. Adapun kecendrungan dari hasil penelitian ini, akhlak dengan persentase 43,5%, syariah dengan persentase 30,4%, ibadah dengan persentase 26,1%. Dengan kesimpulan diatas, diharap pengelola rubrik Renungan Jum’at bisa menjadi salah satu rubrik yang lebih diminati dan dapat menjadikan pengingat bagi para pembacanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; artikel; Renungan Jum'at; Pikiran Rakyat;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:07
Last Modified: 17 Nov 2020 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35004

Actions (login required)

View Item View Item