Implementasi nilai-nilai karakter Pendidikan Agama Islam tentang peduli lingkungan pada Program Adiwiyata di SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung

Dzulkifli, Muhamad Arham (2020) Implementasi nilai-nilai karakter Pendidikan Agama Islam tentang peduli lingkungan pada Program Adiwiyata di SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada nilai karakter PAI tentang peduli lingkungan. Pada karakter peduli lingkungan tersebut, masih banyak warga sekolah yang belum memperhatikan dan memahami lingkungan sekitarnya. Nilai karakter Peduli lingkungan ini diwujudkan dan direalisasikan di SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung dengan adanya Program Adiwiyata. Adiwiyata ini menjadikan sekolah sebagai institusi yang mampu berpartisipasi bagi warga sekolah dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan yang dapat mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: 1). Program Adiwiyata di SMP Al-Amanah, 2). Nilai-nilai karakter PAI tentang peduli lingkungan, 3). Implementasi nilai-nilai karatker PAI pada Program Adiwiyata di SMP Al-Amanah, 4). Evaluasi dari implementasi Program Adiwiyata di SMP Al-Amanah. Penelitian ini bertolak pada nilai karakter Pendidikan Agama Islam tentang peduli lingkungan. Peduli lingkungan ini dapat dipahami bahwa sikap dan tindakan yang selalu berupaya dan berusaha dalam mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan memanfaatkan dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki, menjaga, mengelola dan melestaikan lingkungan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatannya menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa: 1). Program Adiwiyata di sekolah SMP Al-Amanah merupakan program yang mempunyai komponen bewawasan lingkungan yaitu: Kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan, 2). Nilai-nilai karakter Pendidikan Agama Islam tentang peduli lingkungan direalisasikan dengan tiga komponen sebagai berikut: Peduli terhadap perlindungan lingkungan, pengawetan lingkungan, pemanfaatan lingkungan. 3). Implementasi nilai karakter peduli lingkungan ini diwujudkan dalam: Visi, Misi dan Tujuan serta KTSP dan RKAS yang berwawasan lingkungan, pendidik dan peserta didik melakukan pembelajaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan hidup serta menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, ketersedian sarana dan prasarana pendukung yang ramah lingkungan, serta peningkatan kualitas pengelolaan sarana prasarana yang ramah lingkungan 4). Evaluasi dari implementasi pada Program Adiwiyata ini terlaksana dengan baik dengan berdasarkan penilaian evaluasi Adiwiyata setiap komponen yang dihasilkan berjumlah 80. Itu artinya Program Adiwiyata ini terpenuhi serta berjalan sesuai yang diharapkan. Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Pendidikan Agama Islam, Peduli Lingkungan, Program Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter pendidikan agama islam; peduli lingkungan; program adiwiyata;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Arham Dzulkifli
Date Deposited: 27 Nov 2020 00:44
Last Modified: 27 Nov 2020 01:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35091

Actions (login required)

View Item View Item