Penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Representation (DMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Ciparay Kabupaten Bandung

Qotrunnada, Tuffahati (2020) Penerapan model pembelajaran Diskursus Multy Representation (DMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Darul Ulum Ciparay Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan pada pembelajaran matematika, bahwa pembelajaran matematika belum sepenuhnya terlaksana dengan baik dan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum mencapai KKM. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan oleh peneliti, hal itu terjadi dikarenakan pembelajaran matematika belum menggunakan model pembelajaran yang variatif sehingga berpengaruh kepada hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakanlah model pembelajaran DMR pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran DMR pada setiap siklusnya. Model pembelajaran DMR dapat melatih siswa untuk berdiskusi bersama teman kelompoknya dan dapat mengembangkan kemampuan pemaknaan konsep dengan memanfaatkan media yang disediakan. Tahapan model pembelajaran DMR meliputi tahap persiapan, tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan penerapan, dan tahap penutup. Diterapkannya model pembelajaran DMR diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, karena kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan berpikir yang sangat penting untuk dikuasi siswa sebagai tolak ukur keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilakukannya metode PTK bertujuan untuk memperbaiki kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang siswa dan dilaksanakan di MI Darul Ulum Ciparay Kabupaten Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran DMR sangat kurang dengan nilai rata-rata 48,82 dan ketuntasan klasikalnya yaitu 11,76%. Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran DMR berjalan dengan baik sesuai dengan hasil yang diperoleh pada kegiatan menagajr guru dan kegiatan belajar siswa. Aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan mulai dari siklus I 75% dan siklus II 89,47% dengan kategori sangat baik. Selain itu, aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan mulai dari siklus I 70% dan siklus II 81,67% dengan kategori baik. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 58,82% dengan nilai rata-rata 66,65 kemudian meningkat setelah menggunakan model pembelajaran DMR hingga memperoleh hasil yang baik pada siklus II yaitu 76% untuk ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata 69,24.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis; model pembelajaran dmr; pembelajaran matematika;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: tuffahati qotrunnada
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:29
Last Modified: 27 Nov 2020 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35168

Actions (login required)

View Item View Item