Studi deskriptif penyajian pesan tabligh melalui akun instagram @fotografermuslim periode bulan Oktober 2019

Rinfa, Harrival Iswal Fauzi (2020) Studi deskriptif penyajian pesan tabligh melalui akun instagram @fotografermuslim periode bulan Oktober 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (daftar isi)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi mengakibatkan model menyampaikan atau tabligh semakin bekembang pesat dan dinamis. Kegiatan tabligh juga mengikuti perkembangan media digital salah satunya yaitu instagram dan juga tidak bisa dipungkiri juga bahwa konten-konten berbau radikalisme, ekstrimisme sangat cepat menyebar dan mampu masuk ke semua lini apalagi dikalangan remaja. Maka, perlu counter yang menyampaikan kebaikan seperti komunitas fotografer yang menyampaikan pesan tabligh melalui akun instagram @fotografermuslim. Akun instagram @fotografermuslim salah satu akun yang yang menyampaikan pesan tabligh melalui perpaduan gambar dan caption yang menarik serta terperinci. Studi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana agama dipahami dan dipraktikkan generasi milenial dan bagaimana tabligh dilakukan di era digital. Secara lebih rinci penelitian ini untuk mengetahui pesan informatif, persuasif, dan koersif. Penelitian ini dilakuakan dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif, melalui wawancara dan analisis dokumen yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Dengan menggunakan sebuah konsep bentuk penyajian pesan oleh A.W. Widjaja, yang membagi tiga bentuk penyajian pesan yaitu, pesan informatif, persuasif, dan koersif. Sedangkan untuk teorinya menggunakan teori CMC, yang diperkenalkan oleh Marshall McLuhan mengenai bentuk komunikasi antar individu, individu antar kelompok, kelompok antar kelompok melalui sebuah jaringan computer. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu sembilan belas postingan penyajian pesan yang terdapat di periode bulan oktober 2019. Yang diantaranya lima postingan bentuk penyajian pesan tabligh informatif, delapan postingan bentuk penyajian pesan tabligh persuasif, dan terdapat enam postingan bentuk penyajian pesan koersif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: instagram, tabligh, penyajian pesan
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Harrival Iswal Fauzi Rinfa Rinfa
Date Deposited: 24 Nov 2020 05:43
Last Modified: 24 Nov 2020 05:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35173

Actions (login required)

View Item View Item