Pesan moral dalam buku Al Mutholaah Lil Fashli As Sani karya Muhammad Masrzuki Maruf: Kajian semiotika Charles Sanders Peirce

Wulansari, Rizky (2020) Pesan moral dalam buku Al Mutholaah Lil Fashli As Sani karya Muhammad Masrzuki Maruf: Kajian semiotika Charles Sanders Peirce. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

Buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf ini merupakan salah satu buku pelajaran yang diajarkan pada kalangan pondok pesantren. Buku ini memiliki empat seri untuk diajarkan dari kelas 2 SMP/MTS sampai kelas 3 SMA/MA di pondok pesantren. Dalam buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf ini berisi 26 cerita pendek. Penelitian ini menjadikan buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf sebagai objek kajian karena ketertarikan terhadap buku tersebut dan juga Permasalahan yang diambil pada penelitian ini adalah bagaimana proses semiosis pengambilan pesan-pesan moral dan juga menganalisis apa saja pesan moral yang terkandung dalam buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses semiosis pengambilan pesan-pesan moral dan mendeskripsikan pesan-pesan moral yang ada pada cerita-cerita pendek dalam buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce, yang mana menggunakan metode analisis trikotomi, yaitu representamen (R), objek (O) dan interpretan (I). Hasil dari penelitian pada buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf, yaitu: pesan moral yang terdapat dalam buku Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah Lil Faṣli Aṡ-Ṡᾱni karya Muhammad Marzuki Ma’ruf terbagi menjadi lima kategori (1) Moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan, yang memiliki pesan moral untuk bersyukur kepada tuhan atas segala nikmat yang telah diberikan, (2) Moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain, yang memiliki pesan moral untuk saling menyayangi, tolong menolong, saling menghargai, berbaik hati, menjaga perkataan dan juga pemaaf, (3) Moral dalam hubungan manusia dengan alam, yang memiliki pesan moral untuk menjaga kelestarian alam dengan menjaga kebersihan, (4) Moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri, yang memiliki pesan moral untuk bekerja keras, tidak menyia-nyiakan waktu dan pandai dalam memilih teman, dan (5) Moral dalam hubungan manusia dengan hewan, yang memiliki pesan moral untuk tidak menyiksa hewan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Semiotika;Pesan Moral;Al-Muṭᾱla’ah Al-Arabiyah;Charles Sanders Peirce
Subjects: Arabic
Language
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rizky Wulan Sari
Date Deposited: 26 Nov 2020 01:15
Last Modified: 26 Nov 2020 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35246

Actions (login required)

View Item View Item