Bimbingan klasikal melalui training motivasi dalam meningkatkan kemampuan adaptasi siswa: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Mekar Arum kelas VIII

Nurmaluloh, Adetia Siti (2020) Bimbingan klasikal melalui training motivasi dalam meningkatkan kemampuan adaptasi siswa: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Mekar Arum kelas VIII. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
SKRIPSI COVER.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Bentuk perhatian pemerintah dalam mewujudkan cita-cita negara untuk mecerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya diwujudkan dalam bentuk sekolah sebagai lembaga formal penyelenggara pendidikan. Sebagai lembaga pendidikan formal, sekolah memiliki berbagai bidang yang memiliki kedudukan dan perannya masing-masing. Diantara bidang-bidang tersebut adalah bidang kurikulum dalam pengajaran yang meliputi semua bentuk pengembangan kurikulum dan pelaksanaan pengajaran. Bidang yang kedua adalah bidang administrasi atau kepemimpinan. Bidang yang ketiga adalah kesiswaan, bidang kesiswaan merupakan bidang yang meliputi berbagai fungsi dan kegiatan yang mengacu kepada pelayanan kesiswaan secara individu agar masing-masing dari peserta didik dapat menemukan potensinya, kemudian berkembang sesuai dengan bakat dan minat yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Dalam bidang inilah dikenal dengan adanya pelayanan bimbingan dan konseling (Satriah, 2016:1). Tujuan dari pelayanan bimbingan dan konseling tidak lain adalah untuk membantu setiap siswa siswi sebagai klien yang berada di lingkungan sekolah, agar mereka mampu menemukan potensi yang dimilikinya. Salah satu pelayanan bimbingan konseling yang ada di sekolah adalah bimbingan klasikal, yang berfungsi sebagai langkah preventif dan developmental. Dalam pandangan teori humanistic, manusia bertanggungjawab terhadap hidup dan perbuatan diri mereka sendiri, serta memiliki kebebasan dan kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku mereka sendiri (Zulfikar, 2017: 147). Apa yang disampaikan oleh para pakar tersebut ternyata telah Allah SWT. sampaikan dalam firman-Nya QS. Ar-Ra’du ayat 11 yang artinya, “…Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…” Dengan jelas Allah menyampaikan bahwa yang mampu mengubah keadaan seseorang adalah diri mereka sendiri, karena manusia memiliki kebebasan dan kemampuan untuk mewujudkannya. Dari Ayat tersebut juga dapat diketahui bagaimana indahnya Allah memotivasi manusia untuk senatiasa bergerak kepada arah yang mereka inginkan dengan bekal motif yang ada dalam diri mereka, Abraham Maslow berpendapat bahwa manusia senantiasa termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya (Chodijah. 2017: 114). Dengan demikian, manusia telah Allah SWT. beri anugerah berbagai kemampuan dan bekal untuk bertahan dalam keadaan seperti apapun. Salahsatu bekal tersebut adalah kemampuan menyesuaikan diri dalam setiap keadaan. Seperti halnya yang mampu dilalui oleh para siswa pada tahaap peralihannya. Melalui metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi langsung terhadap keseharian siswa dan menjadi bagian dari mereka di sekolah, menghasilkan beberapa temuan yang menarik tentang bagaimana kemampuan adaptasi autoplastis siswa yang bersambut dengan adaptasi aloplastis lingkungan sekolah. Melalui bimbingan klasikal dalam memberikan training motivasi kepada siswa secara berkala mampu menjadi salah-satu faktor yang memudahkan mereka dalam memotivasi diri mereka untuk mengembangkan kemampuan beradaptasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan klasikal; training motivasi; adaptasi siswa;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Adetia Siti Nurmaluloh
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:45
Last Modified: 05 Mar 2021 03:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35326

Actions (login required)

View Item View Item