Kualitas pelayanan E-Government melalui sistem informasi manajemen pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Kota Bandung tahun 2019

Naufal, Irfan Azharuddin (2020) Kualitas pelayanan E-Government melalui sistem informasi manajemen pendidikan dan pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Kota Bandung tahun 2019. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kebijakan baru Kementrian Agama Pusat No 43 Tahun 2016 dalam Pasal 1 ayat (8) yang menjelaskan bahwa “Admin pusat adalah petugas yang ditetapkan oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat untuk membantu dalam pengelolaan simdiklat pada kementrian Agama” yang pada saat pengaplikasiannya sekarang ini setelah dikelola oleh pusat maka yang semula palikasi simdiklat ini sudah berada di versi 5 saat dikelola oleh Balai Diklat Keagamaan Kota Bandung, namun saat ini turun kembali ke versi 1 yang menyebabkan aplikasi simdiklat ini sering terjadi keterlambatan dalam mengakses aplikasi tersebut untuk menginput data peserta diklat maupun pemateri diklat, mencetak surat tugas , melakukan pelaporan keuangan yang menyebabkan kegiatan pelayanan pada aplikasi ini masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan sejauh mana Kualitas Pelayanan E-Government melalui aplikasi Simdiklat di Balai Diklat Keagamaan Kota Bandung Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Gesperz yang 6 dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu: Kecepatan dalam melakukan pelayanan, Akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, Atribut Pelengkap. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen. Pihak-pihak yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Kepegawaian, Kepala Bidang Keuangan, Bidang Teknis, Bidang Administrasi, Widyaiswara Pendidikan dan Keagamaan, Widyaiswara Adminitrasi dan Bidang Pranata Komputer. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian pelayanan E-Government melalui aplikasi Simdiklat itu sendiri belum berjalan dengan optimal. Hal ini disebabkan dengan masih lambannya dalam mengakses aplikasi simdiklat tersebut yang disebabkan oleh turunnya versi simdiklat kembali ke versi 1 saat dikelola oleh pusat. Selain itu,masih rendahnya kesadaran para pegawai untuk lebih memahami pengaplikasian simdiklat tersebut untuk memudahkan pegawai dalam mengelola kediklatan. Diharapkan agar aplikasi simdiklat ini lebih ditingkatkan lagi dalam peremajaannya dan para pegawai lebih ditingkatkan lagi dalam memanfaatkan apliksi simdiklat tersebut dengan mengadakan seminar maupun pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; E-Government; Simdiklat;
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Irfan Azharuddin Naufal
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:48
Last Modified: 26 Jan 2021 04:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35584

Actions (login required)

View Item View Item