Pengembangan LKPD berbasis PJBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Pangesti, Silvia Dwi (2020) Pengembangan LKPD berbasis PJBL-STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, peningkatan keterampilan berpikir kritis serta respon peserta didik pada LKPD berbasis PjBL-STEM materi gelombang bunyi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Plus NU Panguragan dengan sampel kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 32 orang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi media, LKPD berbasis PjBL-STEM, tes uraian keterampilan berpikir kritis, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang dilakukan adalah perhitungan presentase lembar validasi media, presentase skor LKPD, N-Gain dan uji t independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan (1) LKPD berbasis PjBL-STEM materi gelombang bunyi dikategorikan layak sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan sebesar 82,2% (2) penggunaan LKPD berbasis PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, rata-rata N-gain keseluruhan 0,69 yang dikategorikan sedang dan hasil thitung (34,82) > ttabel (2,036) (3) respon peserta didik pada LKPD berbasis PjBL-STEM materi gelombang bunyi berada pada kategori baik sebagai media pembelajaran dengan hasil rata-rata perolehan pernyataan positif dan negatif sebesar 86% dan 30%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD; PjBL-STEM; keterampilan berpikir kritis; gelombang bunyi.
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Silvia Dwi Pangesti
Date Deposited: 15 Dec 2020 01:37
Last Modified: 15 Dec 2020 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35678

Actions (login required)

View Item View Item