Pengaruh strategi pembelajaran True or False untuk meningkatkan daya ingat peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas III MI Nurul Huda Cigentur, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas III MI Nurul Huda Cigentur, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung)

Zannah, Dila Nurlaila (2020) Pengaruh strategi pembelajaran True or False untuk meningkatkan daya ingat peserta didik pada pembelajaran tematik: Penelitian kuasi eksperimen di Kelas III MI Nurul Huda Cigentur, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas III MI Nurul Huda Cigentur, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MI Nurul Huda Cigentur, peserta didik kelas III memiliki daya ingat yang kurang baik. Proses pembelajaran dilakukan dengan teacher centered, hal ini menjadikan peserta didik pasif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang dikelola pendidik pun masih bersifat konvensional antara lain ceramah, resitasi resume dan tanya jawab dengan tugas pendidik selalu sebagai penanya dan peserta didik hanya menjawab pertanyaan pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan daya ingat peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tematik dan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan strategi True or False. Selain itu, penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan peningkatan daya ingat peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tematik tanpa menggunakan strategi True or False dan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi True or False di kelas III MI Nurul Huda Cigentur. Strategi True or False mampu mengaktifkan peserta didik selama pembelajaran. Ketika peserta didik aktif dalam pembelajaran, otomatis peserta didik akan mendapatkan pengalaman yang akan menjaga ingatan saat pembelajarannya. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan B MI Nurul Huda Cigentur. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, wawancara dan tes uraian. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan kelas kontrol (III B) memperoleh hasil analisis N-Gain peningkatan daya ingat sejumlah 66,59 % yang berarti peningkatan daya ingat peserta didik yang mengikuti pembelajaran tematik dikategorikan sedang. Sementara hasil uji statistik kelas eksperimen (III A), diperoleh hasil analisis N-Gain sejumlah 66,94 % yang berarti, peningkatan daya ingat peserta didik yang mengikuti pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi True or False dengan persentasi 66,94 % dikategorikan sedang. Sementara itu, hasil uji statistik nilai N-Gain tiap peserta didik baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen, didapatkan hasil Uji Man Whitney Asymp. Sig. (2-tailed) (0,924) > nilai probabilitas (0,05), menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan peningkatan daya ingat peserta didik di kelas kontrol (III B) dan kelas eksperimen (III A). Namun daya ingat peserta didik pada kelas eksperimen meningkat lebih unggul 0,35 % dibandingkan kelas kontrol. Hal ini berarti, pembelajaran tematik dengan menggunakan strategi True or False sedikit lebih baik dibanding pembelajaran tematik tanpa menggunakan strategi True or False.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran True or False; Daya Ingat; Pembelajaran Tematik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dila Nurlaila Zannah
Date Deposited: 15 Dec 2020 08:35
Last Modified: 15 Dec 2020 08:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35695

Actions (login required)

View Item View Item