Pengaruh cooperative approach tipe TGT berbantuan facebook terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi : penelitian di Kelas X SMA PGRI Rancaekek

Maryam, Hafsah (2017) Pengaruh cooperative approach tipe TGT berbantuan facebook terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi : penelitian di Kelas X SMA PGRI Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Dalam pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan komunikatif, sekaligus membutuhkan pendekatan pembelajaran yang efektif sehingga materi pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami dan diserap dengan mudah oleh siswa. Oleh karena itu perlu dicari alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook merupakan pembelajaran kooperatif dan memanfaatkan teknologi internet dalam proses pembelajarannya (Facebook) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pembelajaran pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, hasil belajar dengan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook dan tanpa menggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, pengaruh penggunaan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook pada materi ekologi. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA PGRI Rancaekek tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah jenis Quasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berjumlah 25 soal, sedangkan afektif menggunakan angket. Data analisis penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan gain. Hasil penelitian di kelas yang menggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook dengan diperoleh rata-rata pretest 44,27 dan posttest 64,37 memiliki gain 20,1, sedangkan yang tidak mengggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, rata-rata pretest 40,80 dan posttest 47,43, memiliki gain 6,63. Berdasarkan hasil uji t hitung, thitung = (5,16) dan ttabel = (2,01). Maka thitung (5,16) > ttabel (2,01) menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook; Hasil Belajar;
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:33
Last Modified: 16 Dec 2020 04:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35733

Actions (login required)

View Item View Item