Maryam, Hafsah (2017) Pengaruh cooperative approach tipe TGT berbantuan facebook terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi : penelitian di Kelas X SMA PGRI Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran di kelas, guru dituntut untuk memiliki kemampuan dan komunikatif, sekaligus membutuhkan pendekatan pembelajaran yang efektif sehingga materi pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami dan diserap dengan mudah oleh siswa. Oleh karena itu perlu dicari alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook merupakan pembelajaran kooperatif dan memanfaatkan teknologi internet dalam proses pembelajarannya (Facebook) untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas pembelajaran pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, hasil belajar dengan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook dan tanpa menggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, pengaruh penggunaan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, dan respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook pada materi ekologi. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA PGRI Rancaekek tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian ini adalah jenis Quasi eksperiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berjumlah 25 soal, sedangkan afektif menggunakan angket. Data analisis penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan gain. Hasil penelitian di kelas yang menggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook dengan diperoleh rata-rata pretest 44,27 dan posttest 64,37 memiliki gain 20,1, sedangkan yang tidak mengggunakan pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook, rata-rata pretest 40,80 dan posttest 47,43, memiliki gain 6,63. Berdasarkan hasil uji t hitung, thitung = (5,16) dan ttabel = (2,01). Maka thitung (5,16) > ttabel (2,01) menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5 % dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Approach Tipe TGT Berbantuan Facebook; Hasil Belajar; |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | rofita fita robi'in |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 04:33 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 04:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35733 |
Actions (login required)
View Item |