Uriemanda, Regina Aulia (2020) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada materi Virus Kelas X SMAN 2 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (420kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
Abstract
Kemandirian belajar siswa merupakan peran serta aktif dari siswa dalam proses pembelajaran yang mereka alami untuk mencapai suatu kompetensi. Kemandirian belajar perlu dimiliki oleh siswa dalam rangka mencapai keberhasilan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada materi virus, 2) Menganalisis hasil belajar siswa pada materi virus, 3) Menganalisis hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada materi virus kelas X SMAN 2 Cianjur. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif korelasional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, tes hasil belajar, dan wawancara secara online kepada siswa SMAN 2 Cianjur sebanyak 30 siswa yang terdiri dari satu kelas yaitu kelas X IPA 2 pada tahun ajaran 2020/2021. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari variabel kemandirian belajar sebesar 4,20 termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi materi virus adalah 63,17 dengan kategori cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,019 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan positif yang signifikan dan sedang antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada materi virus. Besarnya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar adalah 18,1%, sehingga 81,9% dipengaruhi oleh faktor luar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Kognitif Siswa; Virus |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Regina Aulia Uriemanda |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 06:13 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 06:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35736 |
Actions (login required)
View Item |