Pengaruh Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Return On Invesment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT Ace Hardware Indonesia TBK periode 2009-2018

Zahra, Yasmin (2020) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Return On Invesment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi di PT Ace Hardware Indonesia TBK periode 2009-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

PT Ace Hardware Indonesia, Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang ritel perlengkapan rumah dan produk gaya hidup, dikenal sebagai one stop shopping untuk perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup berkualitas. Penelitian ini dilatar belakangi dengan seberapa efektivitas manajemen mengelola aset perusahaan agar mendapat laba yang maksimal. Perusahaan tentunya menginginkan keberlangsungan bertahan lama dan terus berkembang maka perlu adanya penilaian efektivitas kinerja perusahaan dalam menggunakan aset dengan menganalisis Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) untuk pengambilan keputusan memaksimalkan laba perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) secara parsial maupun simultan terhadap Return On Invesment (ROI) pada perusahaan yag terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu PT Ace Hardware Indonesia, Tbk. selama 10 tahun terakhir, yaitu periode 2009-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT Ace Hardware Indonesia, Tbk. periode tahun 2009-2018. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (ujit t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 20.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Kerangka berpikir menunjukan terdapat hubungan Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Return On Invesment (ROI). Dimana Current Ratio (CR) mempengaruhi Return On Invesment (ROI) begitupun Inventory Turnover (ITO) mempengaruhi Return On Invesment (ROI). Selain dipengaruhi Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO), Return On Invesment (ROI) juga dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh sebesar 19,7% terhadap Return On Invesment (ROI), dengan nilai signifikasi 0,199. Kemudian variabel Inventory Turnover (ITO) tidak berpengaruh sebesar 20,6% terhadap Return On Invesment (ROI), dengan nilai signifikasi 0,187. Sedangkan secara simultan Current Ratio (CR) dan Inventory Turnover (ITO) tidak berpengaruh sebesar 34,8% terhadap Return On Invesment (ROI), dengan nilai signifikasi sebesar 0,224.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Inventory Turnover; Return On Invesment;
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Yasmin Zahra
Date Deposited: 21 Dec 2020 02:33
Last Modified: 21 Dec 2020 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35780

Actions (login required)

View Item View Item